Anak Muda Hebat Gelar Pemilihan Duta Politik Kota Malang, Ini Syarat Pendaftarannya

PolitikaMalang – Upaya agar masyarakat bisa ‘melek politik’ terus digencarkan oleh berbagai kalangan, termasuk dari komunitas Anak Muda Hebat (AMH).

Sadar akan pentingnya pendidikan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, AMH menggelar even bertajuk “Duta Politik” yang dikhususkan bagi para pemuda di Kota Malang.

Salah satu alasan diselenggarakannya “Duta Politik” adalah mengajak para generasi bangsa agar memahami dan tidak antipati pada politik. Pasalnya, jika melihat data yang ada sebagian besar, dalah anak usia muda khususnya mereka yang bisa menggunakan hak politiknya dalam pesta demokrasi.

Selain itu, even ini juga memberikan berbagai informasi dan pendidikan politik kepada masyarakat khususnya para anak muda di Kota Malang.

Ketua Pelaksana Duta Politik, Ardiana Amalia, menjelaskan jika pendaftaran peserta yang akan ikut even ‘Duta Politik’ sudah dibuka tanggal 1 November dan ditutup pada tanggal 30 November 2017.

Para calon peserta bisa bisa langsung mendaftar di kantor sekertariat duta politik, Jalan Pajajaran No. 3 Kota Malang. Ardianna mengatakan, antusiasme masyarakat khususnya anak muda sangat tinggi akan gelaran even ini. Tercatat puluhan anak muda sudah mendaftar sebagai peserta.

“Sampai saat ini ada sekitar 28 peserta yang mendaftar sebagai duta politik dari sekitar 100 sampai 200 target peserta” ujar Ardiana.

Wanita berhijab itu menjelaskan, peserta bisa di ikuti oleh pelajar ataupun mahasiswa ataupun orang umum, yang sekitar umur 17 tahun dan maksimal usia 27 tahun.

“Nanti untuk pemenang yang lolos seleksi dan menjadi Duta Politik, nanti akan kami arahkan ke KPU biar mereka tahu bagaimana proses dalam politik” ujar Ardiana.

Ia menjelaskan, para peserta nantinya akan mendapatkan diseleksi dan dinilai oleh para juri yang berkompeten di bidangnya.  Karena itu, untuk mendapatkan gelar sebagai “Duta Politik” harus mengedepankan luasnya wawasan tentang politik, dan yang paling penting harus bisa bersosialisasi dengan masyarakat.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

“Biar tidak sama dengan duta yang lainnya, duta politik bukan ajang kompetensi kecantikan melainkan kompetensi tentang dunia politik yang menurut saya ini trend baru, agar nanti Malang akan lebih bagus kedepannya,” tandasnya

Leave a Reply