Anas: Generasi Milenial Harus Melek Politik

PolitikaMalang – Peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan harus sejalan dengan cita-cita pendiri bangsa yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Hal tersebut disampaikan salah satu tokoh muda di Kota Malang, Muhammad Anas Muttaqin saat ditemui Redaksi Politika Malang kemarin.

Menurutnya, dengan keterbukaan informasi, generasi muda di era digital ini harus peka terhadap fenomena sosial dan politik di sekitarnya. Mereka bisa memanfaatkan berbagai media terutama media sosial untuk menjadi motor pergerakan.

“Kaum muda harus melek politik agar bisa ikut menjadi bagian dari pengambilan kebijakan” ungkapnya.

Direktur Hasta Komunika research & consulting ini menambahkan bahwa pemuda adalah corong perubahan, untuk itu sebisa mungkin dapat mengambil peran-peran strategis di masyarakat.

Pria yang akrab disapa Anas ini menilai pemuda harus berani masuk ke berbagai lini yang selama ini dianggap apatis seperti birokrasi, politik dan organisasi masyarakat agar gagasan-gagasannya dapat didengar masyarakat. Apalagi Indonesia hari ini menerapkan sistem demokrasi langsung sehingga membuka peluang kaum muda untuk punya kesempatan yang sama dalam bersaing di dunia politik.

Anas juga berpendapat bahwa pemuda tidak boleh alergi dengan politik, karena politik mempengaruhi semua sendi kehidupan di masyarakat. Menurutnya, hanya kaum muda yang bisa merubah wajah dunia perpolitikan yang selama ini dianggap “kotor”. Gagasan cerdas dan gerakan kaum muda dibutuhkan untuk menjadi garda terdepan perubahan menuju bangsa yang lebih baik.

“jika kaum muda berhasil masuk menjadi anggota dewan atau kepala daerah, tentu banyak akses, peran dan wewenang yang bisa dimanfaatkan, disitulah perlunya” tambah mantan ketua Karang Taruna Kota Malang ini.

Namun Anas juga tidak menampik potensi hambatan yang dialami kaum muda. Ia menilai bahwa kelemahan kaum muda biasanya ada pada modal. Kebanyakan kaum muda hanya punya modal sosial, sementara lemah di modal kapital. Untuk itu ia menghimbau bahwa diperlukan kreativitas dalam menyusun strategi pergerakan. Menambah wawasan mengenai berbagai disiplin ilmu juga perlu terus dikembangkan.

Baca Juga :   Poker, IT, Alcohol-based drinks Challenges Filled With Japan

“Pentingnya Melek politik tidak hanya untuk berpartai, tapi juga agar kritis dalam mengawal jalannya pemerintahan yang ada di daerahnya” pungkas Arek Malang ini.

Leave a Reply