Anas Optimis Menangkan Pilgub Jatim

PolitikaMalang – Bacalon Wakil Gubernur dari koalisi PDI Perjuangan – PKB, Abdullah Azwar Anas optimis bakal memenangkan Pemilihan Gubernur Jawa Timur yang akan diselenggarakan pada 2018 mendatang.

Anas yang bakal maju bersama Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) kini kian gencar menyapa masyarakat. Bahkan, sebagian menilai kinerja kedua tokoh itu sangat baik selama menduduki jabatannya baik Gus Ipul selaku Wagub Jatim dan Anas sebagai Bupati Banyuwangi.

Disela acara Konsolidasi Pemenangan Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Kepala Daerah, di DPC PDI-Perjuangan, Minggu (26/11), Anas mengaku, ia dipilih Megawati, karena prestasinya sebagai Bupati Banyuwangi dua periode cukup baik. Ia menuturkan, pada tahun 2010, di Banyuwangi angka kemiskinan sudah mencapai 24 persen, dimana hal ini dinilai cukup memprihatinkan untuk kesejahteraan masyarakat Banyuwangi.

Namun, dengan kerja kerasnya, Anas mampu menurunkan angka kemiskinan secara signifikan yakni menjadi 8,5 persen. Karena alasan itulah Megawati memilih Anas maju sebagai bakal calon wakil Gubernur.

“Ini bukan perkara mudah untuk membangun Jatim, kita harus terus bersaing dalam upaya mengembangkan teknologi, dan yang paling utama bagaimana cara untuk mensejahterakan rakyat,” ujar Anas.

Pasangan Gus Ipul – Anas membawa slogan “Kabeh Sedulur Kabeh Makmur” dalam ajang Pilkada tahun mendatang. Berkaitan dengan slogan itu, Anas menjelaskan hal itu berkaitan dengan visi dan misi saat kampanye.

“Nanti akan kita jelaskan saat kampanye, yang jelas semua itu saudara dan harus makmur semua, tidak boleh ada saudara kita yang tidak makmur,” tandasnya.

Sementara, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar juga optimis, pasangan yang diusung partainya bakal memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Pihaknya yakin pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas atau Gus Ipul- Anas bakal mengungguli pasangan lain.

Baca Juga :   Poker, IT, Alcohol-based drinks Challenges Filled With Japan

Mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) itu mengatakan, kalau jagoannya mendapat dukungan sebagian besar kyai di Jawa Timur.

“Kalau dari dukungan kyai mayoritas terbanyak, bahkan hampir semua kyai ke Syaifullah Yusuf,” kata Muhaimin Iskandar saat hadir di acara jalan sehat di Jalan Ki Ageng Gribig Sawojajar, Kota Malang, Minggu (26/11).

Tidak hanya itu, Cak Imin demikian biasa dipanggil, juga memastikan kader PKB dan kyai NU kulturan akan memenangkan pasangan Gus Ipul- Anas di Pilgub 2018.

“Dari struktur kekuatan partai, tentu kita terbukti PKB pemenang Pemilu di Jawa Timur. Dari segi NU kultural, kita semua solid,” tegasnya.

Seperti diketahui, dua kader NU hampir dipastikan bakal bertarung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018. Tidak dipungkiri, dukungan para kyai dan kader NU terpecah antara Syaifullah Yusuf atau Khofifah Indar Parawansa.

Cak Imin sendiri mengaku tidak lagi mempersolkan majunya Khofifah dalam Pilgub Jatim 2018. Kendati dirinya juga sempat berharap cukup satu kader saja yang maju agar mempermudah kemenangan NU dalam pertarungan.

PKB dan PDIP telah merekomendasikan pasangan Syaifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas untuk maju Pilgub Jatim 2018. PKB sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2014 memiliki 20 kursi serta PDIP memiliki 19 kursi dan mengajukan calon wakil.

 

Leave a Reply