Anton: PNS Harus Bersikap Netral di Pilkada Malang

PolitikaMalang – Wali Kota Malang, H. Moch Anton dalam acara sinegritas silatuhrahmi forkopimda yang di helar di Hotel Savana, menghimbau kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar tidak bermain-main dan bersikap netral berkaitan dengan Pilkada 2018, maupun Pemilu 2019. Sesuai ketentuan, PNS tidak boleh terlibat politik praktis.

“Kami berharap sekali untuk kesuksesan pilkada nanti, PNS dan seluruh jajaran pemkot ikut memberikan dukungan terhadap calon tanpa bermain-main,” ujar Abah Anton. Selasa, (12/12).

Tuntutan bersikap netral ini bukan menghilangkan hak politik para PNS. Mereka tetap bebas menentukan pilihan calon pemimpin yang sesuai dengan kehendaknya. Namun, tidak boleh terlibat aktif dalam salah satu calon, apalagi terlibat langsung dalam hal kampanye.

“Apalagi pakai dinas awas nanti, saya sudah tegur, apalagi nanti di sengaja, nanti kita bicarakan dengan panwaslu, kalau pas kampanye mereka lewat pas pakai dinas ya tidak masalah,” ujar Abah Anton.

Lebih lanjut Abah Anton mengatakan, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan, para ANS dan jajarannya tidak diperbolehkan terlibat dalam kampanye agar mekanisme pemerintahan tidak terganggu.

Leave a Reply