Atasi Kemacetan, Afdhal Fauza Usulkan Hal Ini

PolitikaMalang – Kemacetan kian menjadi momok di Kota Malang. Melonjaknya prosentase kendaraan dan minimnya pelebaran jalan serta jalur alternatif tak pelak membuat kepadatan terjadi di beberapa titik.

Hal itu, belum lagi di tambah para pendatang baik wisatawan pada akhir minnggu membuat kemacetan kian tak terbendung. Beberapa titik rawan kemacetan yakni sekitar daerah Lingkar Universitas Brawijaya, Jalan Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Jalan MT Haryono, Jalan Ahmad Yani dan beberapa daerah lainyya.

Menanggapi itu, Anggota Komisi C DPRD Kota Malang, Afdhal Fauza, mengatakan kemacetan tidak dipungkiri terjadi karena pertambahan kendaraan roda dua baru di Malang yang mencapai 4000 unit per bulan atau sekitar 48000 unit pertahunnya.

“Jadi kita jangan menghitung kemacetan karena infrastukturnya jelek, ini terjadi dimana-mana fenomena ini, dari pemerintah sendiri tidak mungkin melarang menjual kendaraan,” ujar Afdhal.

Lebih lanjut, Afdhal mengaku pernah mengusulkan ke Dinas Perhubungan untuk mengkaji, terutama daerah Soekarno Hatta dan Universitas Brawijaya agar mencoba sistem satu motor two in one yakni satu motor yang lewat area itu harus ada dua orang penumpang dan sopir.

“Ini alternatif, saya usulkan karena ini juga mengatasi kemacetan, biasanya kan yang kemana-mana dengan rombongan memakai kendaraan sendiri, kalau di terapkan seperti ini merupakan solusi,” imbuh politisi Partai Hanura itu.

Tak hanya itu, penerapan mobil three in one yang sudah di terapkan di Jakarta harusnya juga di terapkan di Malang, meski terjadi pro dan kontra. “Kadang yang bawa mobil itu cuma ngantar satu orang, kalau pulang kan kosong, ini yang menyebabkan kemacetan di pagi hari,” tindasnya.

“Kalau saya perhatikan sekarang kendaraan itu bukan lagi kebutuhan tapi sudah menjadi gaya hidup, sekarang dengan bisa mengredit kendaraan, bahkan satu prang sudah memiliki beberapa kendaraan,” imbuhnya.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

Afdhal juga mengusulkan agar masyarakat agar naik angkutan umum, karena masyarakat juga harus memiliki kesadaran, di karenakan sekarang ini nilai kemacetan di Kota Malang naik setiap tahunnya.

Leave a Reply