Bambang Irianto Beri Motivasi Warga Maesa Kota Bitung

PolitikaMalang – Camat Maesa, seffersen sumampouw hadirkan Bambang Irianto Inisiator Kampung Glintung untuk rubah Mindset warganya.

Paska menjadi pemateri di Balaikota Bitung, Bambang Irianto inisiator kampung Glintung Go Green (3G),kebanjiran undangan dari para camat di Wilayah Bitung.

Seperti Selasa pagi (28/8) , Penerima Kalpataru Kategori Pembina Lingkungan ini mendapatkan undangan dari camat Maesa untuk hadir di Balai pertemuan kelurahan kakenturan satu kec Maesa Kota Bitung.

Camat Maesa, Seffersen sumampouw mengatakan, hari ini kami bersepakat akan melakukan perubahan mindset kepada 155 ketua RT, 36 ketua Lingkungan (RW) dari 8 Kelurahan di wilayah Kecamatan Maesa.

Kedatangan Inisiator Kampung Glintung Go reen Bambang Irianto bersama Erni Handayani istrinya beserta tim ke Bitung ini tidak hanya untuk tujuan kami mendapatkan penghargaan atau penilaian yang bagus dari Walikota. Melainkan kami berharap masyarakat bisa benar-benar dirubah mindsetnya sehingga Go Green dan kebersihan lingkungan itu menjadi sebuah kebiasaan baru yang baik yang menjadi budaya untuk jangka panjang.

Kebiasaan yang baik ini yang akan kita wariskan kepada generasi yang akan datang. Kalaupun ada penilaian yang baik atau juara atau penghargaan itu adalah bonus bagi kami.
“Akan tetapi yang kami harapkan adalah perubahan mindset,” ujar Camat Maesa kepada PolitikaMalang.

Seffersen sumampouw mengku, mengetahui kiprah Bambang Irianto dan Glintung Go Green dari hasil kunjungan Walikota dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung ke Kampung Glintung Go Green tahun 2017 lalu.

Keberhasilan Bambang Ir mengubah kampungnya menjadi lebih bersih, hijau, asri, sehat dan wawasan lingkungan adalah kebutuhan dari warga perkotaan, termasuk di kota Bitung ini.

Perubahan mindset tentang ketergantungan dari pihak lain itu yang berhasil dipecahkan dan dirubah oleh Bambang Irianto saat pelatihan hari ini. Sehingga saya optimis warga kami akan bisa berubah,” ungkap Camat Maesa yang terlihat masih enerjig penuh keyakinan itu.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

Sementara itu, dalam pemaparan materi membangun kampung dari lorong lorong kampung, Bambang mengajak ketua RT ketua Lingkungan untuk molai bekerja di lingkungan masing masing untuk memantau dan mengambil gambar dari sudut sudut lorong kampung ibarat kita general cek up untuk mengetahui dimana letak penyakit dan kekurangan kita. Baru berikutnya dipetakan rencana kedepan.

“Molailah kerja dari diri sendiri . Membangun kampung itu mulai dari yang gampang kemudian kerjakan jangan menunda nunda pekerjaan itu prinsip membangun kampung,”ujar Bambang Irianto.

Keberhasilan Kampung 3G tegas Bambang Ir , adalah membangun Negeri dari Lorong Kampung. Menyusun cita-cita bersama Merubah Mindset Warga untuk meningkatkan Soliditas Warga.

Untuk merekonstruksi Kampung, menurut Bambang harus dimulai dari diri sendiri, mulai dari yang gampang dan Kerjakan sesuai dengan hasil Konsultasi, Kolaborasi, dan Inovasi .

Dikatakan Bambang Ir tentang Kampung yang Holistik, Membangun Kampung pada dasarnya adalah membangun manusia seutuhnya.
Oleh karenanya tidak bisa hanya sektoral tetapi harus multi dimensional,”pungkas Bambang Ir.(*)

Pewarta : Djoko Winahu.

Leave a Reply