Bangun Patung Superhero di Kawasan Rampal, Disperkim Kota Malang Tuai Kritikan

PolitikaMalang – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Permukiman dan Kawasan Perumahan (Perkim) terus berupaya mempercantik beberapa titik dengan menggunakan memasang beberapa patung. Salah satu kini yang sedang dipasang adalah lima superhero di sepanjang jalan Urip Sumoharjo atau samping Lapangan Rampal.

Beberapa tokoh superhero macam Batman, Optimus Prime hingga Captain America ini menurut Plt Kadisperkim, Erik Setyo Santoso dilakukan untuk mempercantik kawasan sekaligus memberikan pelajaran bagi masyarakat akan hal positif dibalik kisah heroisme para tokoh. Hal itu kata Erik, sekaligus juga menambah daya kreatifitas warga, sebab patung superhero itu dibuat dari limbah besi yang tak terpakai.

“Pengerjaannya membutuhkan besi sebanyak satu ton. Artinya jika itu diaplikasikan dalam skala yang lebih kecil bisa menjadi peluang bagi warga untuk membantu daya perekonomian dan mengurangi sampah besi,” tandasnya.

Apa yang dilakukan oleh Disperkim Kota Malang ternyata menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Sebagian menilai pemilihan tokoh dalam pembuatan patung itu tidak sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia. Salah satu tokoh masyarakat Malang yang mengkritik keras adalah Moch. Geng Wahyudi.

Ia menegaskan jika yang seharusnya dilakukan oleh Disperkim adalah mengenalkan para pahlawan bangsa yang berjuang mengusir penjajah dari Tanah Air dan bukannya tokoh yang berasal dari negara super liberal.

“Ini Generasi sekarang kita! Prihatin kita , anehnya penguasa kawasan Rampal membiarkan dan seolah bangga dengan pemasangan patung simbol pahlawan spt itu,” kata Moch Geng Wahyudi.

Ia menjelaskan, pemasangan patung dengan tokoh foktif itu menunjukkan jika Pemkot Malang tidak memberikan pembelajaran pada generasi saat ini dalam upaya mengenali jiwa semangat kepahlawan dari para pahlawan pejuang kemerdekaan.

“Tapi kita disuguhi dengan pembelajaran model boneka dan intuisi yang sangat kerdil dan berangkat dari negara yang super liberal. Kita harus lakukan gerakan perubahan mindset,” tandasnya.

Baca Juga :   Wie man Spielautomaten-Spiele kostenlos spielt

Leave a Reply