Banyak Keluhan, Nanda Gudban Sorot Kabel Semrawut di Jalan

PolitikaMalang – Salah satu keluhan warga Kota Malang, adalah banyaknya kabel yang tidak tertata rapi di berbagai kawasan. Keberadaan kabel-kabel itu bahkan cenderung membahayakan masyarakat dan pengguna jalan yang melintasi kawasan tersebut. Salah satu daerah yang banyak terdapat kabel “semrawut” adalah di kawasan Jalan Soekarno – Hatta.

Calon Wali Kota Malang, Dr. Ya’qud Ananda Gudban, mengatakan, keluhan soal kabel yang tidak rapi itu kerap masuk ke dirinya selain masalah macet dan banjir. Menurut Nanda, sapaan akrabnya, kabel baik itu milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) maupun fiber optic milik perusahaan telekomunikasi sangat mengganggu keindahan kota.

Penyebabnya, selama ini pemerintah kurang perhatian serta lemah dalam melakukan penataannya, sehingga perlu adanya komunikasi bersama dengan para pemilik kabel tersebut. “Saya dapat keluhan banyak soal kabel itu. Kondisi itu menyebabkan kota menjadi tidak indah dan tidak menawan,” kata Nanda Gudban.

Peraih gelar Doktor dari Universitas Brawijaya (UB) itu menegaskan, penataan kabel yang amburadul itu sebenarnya bisa dilakukan dengan baik. Jaringan kabel, harusnya bisa dirapikan tentunya dengan duduk bersama stake holder yang memasang kabel tersebut.

“Ini menunjukkan kurangnya komunikasi. Di berbagai daerah kabel-kabel itu bisa ditata masuk dan rapi. Tapi Kota sebesar Malang masih banyak kabel-kabel berkeliaran di tengah jalan,” tandasnya.

Selain masalah keindahan, adanya kabel tersebut juga mengancam keselamatan masyarakat, apalagi jika perusahaan pemasang kabel tidak melakukan perawatan dengan baik, maka berpeluang akan membahayakan warga.

“Selain kabel termasuk juga tower banyak dikeluhkan karena berdiri tanpa ada komunikasi dengan warga sebelumnya karena terkait dengan keselamatan masyarakat juga jika terjadi apa-apa,” pungkasnya.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

Leave a Reply