Baru Dibuka, Giant Kebonsari Tuai Polemik Soal Parkir

Politika Malang – Munculnya pusat perbelanjaan Giant di kawasan Kebonsari, Sukun, Kota Malang yang baru diresmikan beberapa hari lalu sudah menuai polemik. Toko modern yang diharapkan memberikan manfaat bagi pemerataan pusat bisnis dan ekonomi di Kota Malang lantaran letaknya di wilayah perbatasan antara


kota dan kabupaten itu disoal oleh karang taruna setempat, salah satunya terkait pengelolaan parkir.

Warga pun memprotes pengelolaan lahan parkir di tempat tersebut. Suara lantang disampaikan oleh karang taruna kebonsari yang merasa keberatan, jika karang taruna tidak dilibatkan dalam mengelola parkir. Mereka menuding pihak Giant justru mengakomodir pihak diluar warga kebonsari.

Ichsanul Kamil, ketua karang taruna kebonsari mengatakan bahwa seharusnya keberadaan toko modern di daerahnya punya asas manfaat kepada masyarakat sekitar.

“Kami berharap agar karang taruna juga diberi peran, salah satunya mengelola lahan parkir karena ini juga untuk pemberdayaan pemuda sekitar, kami juga siap bekerja sama dengan dishub dan manajemen giant dalam hal ini,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa kamil ini juga menambahkan bahwa keberadaan toko modern punya banyak efek sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Salah satu yang jadi kekhawatirannya adalah budaya konsumerisme dan turunnya minat masyarakat untuk belanja di warung tetangga.

“Saya kira, jika keberadaannya tidak bisa memberi manfaat bagi warga ya mending tidak usah ada sekalian,” pungkasnya

Bahkan Menurut keterangan Kamil, beberapa waktu lalu pihaknya (karang taruna Kebonsari) sudah mengajukan secara resmi permohonan pengelolaan parkir kepada Dishub Kota Malang namun belum direspon hingga saat ini. Mereka masih menunggu respon balik dari pihak Dishub sebelum menentukan langkah selanjutnya, termasuk “wadul” kepada Walikota Malang.

Terpisah, Salah satu pengurus karang taruna yang lain, Dedi juga menyampaikan hal serupa. Pihaknya telah mempersiapkan tim hukum Karang taruna untuk meninjau persoalan ini dari sisi hukum, termasuk mencari informasi tentang perijinan toko modern yang baru berdiri tersebut.

“Kami akan memperjuangkan hal ini” tegasnya. (Min)

Leave a Reply