Begini Pasangan Muda Asal Sumberejo Malang Raup Jutaan Rupiah Bisnis Iguana

PolitikaMalang – Iguana ialah sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Pertama kali mereka disebutkan oleh seorang naturalis berkebangsaan Austria Josephus Nicolaus Laurenti pada tahun 1768. Ada 2 spesies yang berbeda dari jenis kadal ini: iguana hijau dan iguana Antilles Kecil.

Sebagian orang mengangap Iguana adalah hewan yang menakutkan.

Namun, ada juga yang menjadikan hewan jenis reptil ini sebagai ladang uang untuk bisnis jual beli atau untuk dikembangbiakkan .

Satu di antaranya Bakri 23 thn, Bapak satu orang anak ini, dari Iguana dia bisa meraup jutaan rupiah setiap bulannya .

Suami dari Selvy ini mulai menggeluti jual beli jenis reptil iguana dan chamaeleon sejenis bunglon
ini sejak 2012 lalu, ini lewat online(fb).

Warga jl Dieng atas. Sumberejo ini menuturkan bahwa memelihara hewan Iguana tidak serumit seperti memelihara hewan mamalia.

Menurutnya, Iguana itu bisa bertahan tanpa makan disebabkan cara mencerna makanannya cukup lama.

“Meski begitu, kita tetap wajib memberikan Iguana makan setiap hari demi menjaga kesehatannya,” kata Bakri kepada Djoko Winahyu Reporter Politika Malang, saat ditemui dirumahnya Senin (19/11/2018) pagi.

Saat di datangi Politika, Bakri bersama temannya segang packing tiga ekor iguana ukuran sedang jenis red yang akan dikirim ke padang melalui jalur udara.

“Iya pak ini mau kirim pesanan orang lewat online. Saya harus kirim ke Bandara ABD Saleh untuk di karantina terlebih dahulu sebelum di kirim ke pelanggan .

Untuk mendapatkan anakan dan indukan Iguana, Bakri sudah punya langganan sendiri dari Jombang dan Surabaya.

“Untuk anakan, elsa di banderol 200-250, Columbia 350 sedangkan iguana asal Peru murni jarang sekali ditemui kebanyakan campuran elsa,” jelas Bakri.

Baca Juga :   Cell Vent out Products Very own Grow to be Important These kinds of Days or weeks Wireless Fashionable betting house News

Bakri menjelaskan pertama kali usaha jual beli burung hantu, elang dan binatang yang dilindungi lainnya. Karena takut bermasalah dengan Hukum, Bakri memutuskan untuk putar haluan ke jenis reptil yaitu Iguana dan chamaeleon.

Bakri berpesan walaupun memeliharanya terasa mudah, namun kita harus mengetehui tips memelihara Iguana agar hewan tersebut bisa bertahan dan hidup lama.

Menurut Bakri, yang pertama kali diperhatikan adalah kebersihan kandannya. “Kebersihan kandang merupakan dasar pemeliharaan Iguana yang paling penting. Kurangnya menjaga kebersihan kandang, bisa menyebabkan penyakit seperti jamur hingga kematian,” jelas Bakri.

Terus, ada pemberian pakan yang teratur dan sehat untuk Iguana. Karena hal tersebut merupakan satu di antara faktor yang dapat menentukan kesehatan Iguana.

“Agar Iguananya lebih sehat, kita harus memberikan pakan mereka setiap hari berupa sesayuran berwarna hijau dan segar. Bahkan pucuk daun pun bisa juga kita berikan ke Iguana,” kata Bakri.

Agar lebih tampak sehat, Iguana harus dimandikan selama satu minggu sekali atau sebulan dua kali.
“Untuk memandikannya, kita perlu menggunakan rebusan air sirih sebagai anti bakterial untuk membunuh kuman-kuman yang ada di kulit Iguana agar terhindar dari jamur,” pungkas Bakri.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply