Bekraf Suport Pelaku Ekonomi Kreatif Malang Naik Kelas

PolitikaMalang – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memberikan pemahaman perbankan syariah dan mengajari cara mengelola keuangan kepada 200 orang pelaku ekonomi kreatif Malang, Sabtu (2/3/2019) di Atria Hotel, Malang. Hal ini merupakan upaya Bekraf supaya pelaku ekonomi kreatif Malang naik kelas.

Deputi Akses Permodalan Bekraf menggelar Temu Bisnis Perbankan Syariah untuk membuat pelaku ekonomi kreatif menyadari keberadaan perbankan syariah sebagai alternatif pembiayaan ekonomi kreatif. Bekraf juga mengajari pelaku ekonomi kreatif tata kelola keuangan untuk mengakses pembiayaan perbankan syariah.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo mengatakan, “Memiliki uang penting, tahu cara mengelola (keuangan) jauh lebih penting.“

Saat Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo menanyakan jumlah pelaku ekonomi kreatif yang sudah memiliki rekening di bank, hanya sedikit yang mengakui telah mempunyai rekening di bank dari 200 orang yang hadir. Bahkan, lebih sedikit lagi jumlah pelaku ekonomi kreatif yang menjadi nasabah bank syariah.

Hal ini senada dengan data yang menyebutkan indeks literasi keuangan syariah, yaitu yang memahami keuangan syariah hanya 8%. Sedangkan data inklusi, yaitu yang mengetahui cara berhubungan dengan lembaga keuangan ada di angka 11%.

Malang merupakan salah satu kota yang dikembangkan pemerintah. Sehingga, diharapkan masyarakat Malang siap menyambut program-program pemerintah yang tujuannya hanya untuk mensejahterakan masyarakat.

Ikut hadir Anggota Komisi X DPR RI, Lathifah Shohib menambahkan, “Bekraf diharapkan menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat. Dengan adanya badan khusus, pemerintah bisa memfokuskan pelaku ekonomi kreatif yang ada didaerah. Kerjanya (Bekraf) nyata. Alhamdulillah dampak positif sudah kelihatan.”

Politisi PKB ini menambahkan, giat deputi bekraf ini sangat diperlukan dan bagus dalam rangka mengembangkan usaha kreatif yang sudsh berjalan karen terkait dengan kemudahan pinjaman modal berbasis syariah baik BRI syariah, BNI syariah, Bank Jatim syariah, maupun Mybank syariah.

Baca Juga :   Cell Vent out Products Very own Grow to be Important These kinds of Days or weeks Wireless Fashionable betting house News

Permodalan merupakan salah satu hambatan usaha kreatif skala mikro.
Perlu di ingat kawasan Malangraya adalah salah satu destinasi wisatawan karen sebagai daerah penyangga BTS ( Bromo Tengger Semeru ).

Perkembangan pariwisata harus berjalan seiring dengan pertumbuhan usaha kreatif di kawasan tersebut. Jika tercapai maka ini akan berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat setempat.

Disinilah pentingnya sinergi industri pariwisata dengan industri usaha kreatif.
Bekraf harus bisa menjadi fasilitator terkait dengan 2 industri tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, lathifah shohib juga menyoroti akan kinerja bekraf yg belum berdampak secara signifikan.”Salah satu indikatornya adalah kecilnya serapan anggaran pada tahun 2018 dan ini tentunya berdampak dengan adanya penurunan alokasi anggaran dalam APBN tahun 2019,”pungkas Anggota Komisi X DPR RI Lathifah Shohib.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply