Berkah Idul Fitri, Lima Warga Binaan Lapas Lowokwaru Bebas Tanpa Syarat

POLITIKA MALANG – Sedikitnya 1.122 Napi Lowokwaru Dapat Remisi di momen Idul Fitri Rabu ( 05/06/2019).

Berkah tersendiri bagi Lima orang warga binaan atau narapidana Lapas Kelas I Lowokwaru Malang langsung hari ini, Rabu (05/06/2019) dibebaskan tanpa syarat.

Mereka mendapat remisi Lebaran, dan sudah dinyatakan lulus syarat untuk bebas.

Berita menggembirakan ini disampaikan Kalapas Kelas I Lowokwaru Malang, Yudi Suseno beberapa saat lalu.

“Sebenarnya remisi bebas ada 11, namu. Enam yang dinyatakan bebas masih terganjal syarat subsider bayar denda. Jika denda dibayar langsung bebas. Jadi hari ini yang bebas langsung ada lima,” jelas Yudi.

Kelima narapidana ini dilepas secara simbolis
usai sholat id. ” Mereka sudah menjalani masa hukuman sekurang – kurangnya 6 bulan masa penjara, dan telah mengikuti program pembinaan lapas terbukti berkelakuan baik.

Narapidana ini kebanyakan napi umum yakni merupakan napi kasus pencurian. Yang rata-rata menjalani hukuman 5 sampai 7 tahun penjara.

Dikatakan Yudi, total napi Lapas Lowokwaru yang mendapatkan remisi Lebaran berjumlah total 1.122 orang. Ini terdiri dari Remisi Khusus 1 (RK1) berjumlah 1.111 dan Remisi Khusus 2 (RK2) sebanyak 11 orang tadi yang kemudian bebas.

“Untuk napi yang dapat remisi selain yang langsung bebas tadi, rata-rata mendapat remisi mulai dari 15 hari sampai satu bulan 15 hari,” pungkas Yudi.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply