Bertugas di Komisi XI, Ini Yang Akan Diperjuangkan Gus Ali di Senayan

PolitikaMalang – Masih banyak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang kurang berkembang dan mengalami stagnasi, amat disayangkan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Ali Ahmad.

Sebagai perwakilan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang ditugaskan di Komisi dengan lingkup tugas di bidang Keuangan dan Perbankan, Gus Ali mengajak pelaku UMKM di Indonesia untuk memanfaatkan betul keberadaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Menurutnya dengan UMKM yang mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) memiliki potensi besar menguasai pasar dalam negeri dan mampu masuk dalam persaingan pasar luar negeri.

Optimalisasi peran UMKM sebagai fondasi yang kuat bagi perekonomian negara, ini menjadi konsen dari yang ingin dibawa pria tiga orang anak ini ke parlemen.

“UMKM ini harus terus dibina dan diberikan wawasan, agar mereka mampu membaca peluang dan potensi usaha mereka untuk bisa dikembangkan. Dan tentunya produk yang dihasilkan mampu bersaing dan unggul dengan produk-produk dari luar,” kata Gus Ali sapaan akrabnya.

Pembina Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Malang Raya ini mengatakan bahwa pemerintah daerah, kelompok akademis, perbankan maupun asosiasi UMKM harus bersinergi. Sinertgitas itu dalam bentuk memfasilitasi para pelaku usaha dari hulu ke hilir, membuat regulasi yang membatasi operasional toko moderen, berbagai pelatihan dan kemudahan lainnya.

“Termasuk juga bagaimana mengubah pola pikir para pelaku usaha agar tak mudah menyerah, tak segan mengakses permodalan dari perbankan ketimbang dari rentenir. Jika hal ini bisa diterapkan dengan baik, kami yakin sektor UMKM akan semakin berkembang pesat,” beber Pengasuh Ponpes Alhidayah Karangploso tersebut.

Sebagai informasi, Kredit Usaha Rakyat (KUR) memang menjadi program andalan pemerintah untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dapat menguatkan ekonomi rakyat dan mengatasi segala permasalahan ekonomi di tingkat bawah.

Baca Juga :   Gelar Sosialisasi 4 Pilar bersama Guru, Gus Ali Tekankan Ideologisasi sejak dini di Dunia Pendidikan

Ekonomi tingkat masyarakat kelas bawah pada industri UMKM yang bergerak tentunya akan menjadi fondasi yang kuat bagi perekonomian Negara. Untuk itu adanya fasilitas pendampingan kata Gus Ali berupa pendanaan keuangan, pelatihan yang baik untuk meningkatkan kualitas barang produksinya.

“Kami ingin nasabah baru KUR, tepat guna, tepat sasaran sehingga mengangkat ekonomi rakyat,” tegasnya

Gus Ali Ahmad juga mendorong perkembangan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
Ia pun mengajak pelaku start up digital dan stakeholder lainnya, memberi edukasi sekaligus praktik mengenai UMKM go online, dan pemasaran melalui sebuah marketplace.

Lanjutnya, digitalisasi bisnis UMKM disertai dengan melakukan re-packaging dan re-branding yang tepat pada produk UMKM lokal akan menjadikan produk UMKM Indonesia dapat bersaing dan bahkan merajai pasar Internasional.

Leave a Reply