Blusukan ke Malang, Menteri Susi Beri Motivasi Maba UB

PolitikaMalang – Berkunjung ke Kampus Universitas Brawijaya , Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sempat memberi ceramah kepada 11 ribu lebih mahasiswa Baru maupun tamu undangan, di gedung Samantra Krida Universitas Brawijaya, Selasa ( 14/8) .

Seperti apa aksinya?

Dalam ceramahnya, Susi bercerita tentang tantangan yang ia hadapi seperti pencurian ikan, penenggelaman kapal Asing pencuri kekayaan laut Indonesia.

Susi juga menjelaskan dampak positif dari kebijakan yang ia lakukan seperti peningkatan kesejahteraan nelayan, stok ikan yang meningkat dan sumbangan sektor perikanan bagi pertumbuhan ekonomi yang menggembirakan.

Menteri Kelautan dan Perikanan itu pun memberikan ‘wejangan’ untuk anak-anak muda harapan Bangsa ini .

Susi mengajak para mahasiswa universitas terbaik Indonesia itu untuk melindungi laut agar kekayaannya juga dapat dinikmati generasi-generasi mendatang.

Menteri Susi juga menjabarkan berbagai upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam mengatasi berbagai masalah seperti pencurian ikan (illegal fishing) dan perbudakan (slavery) hingga kebijakannya yang paling terkenal: Tenggelamkan! Ya, menenggelamkan kapal-kapal ilegal yang mencuri di perairan Indonesia.

“Hari ini kita sharing dengan mahasiswa-mahasiswa Indonesia dan beberapa perguruan tinggi termasuk Universitas Brawijaya . supaya mereka mengetahui tentang kebijakan-kebijakan dari pemerintah Indonesia menuju kepada keberlanjutan pembangunan perikanan Indonesia,” ucap Susi .

Selama hampir dua jam memberi kuliah umum, Menteri Susi juga memaparkan langkah yang telah ditempuh kementerian untuk mencapai tiga pilar utama pembangunan kelautan dan perikanan Indonesia, yaitu kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan.

Menurut Susi, hasil penelitian menunjukkan, dalam rentang 2003 hingga 2013 Indonesia kehilangan hampir 50% nelayan . Mengapa? Karena hampir tidak ada lagi ikan.

Menurutnya, penyebab utama adalah diberikannya izin bagi nelayan kapal asing untuk menangkap ikan di perairan Indonesia. Izin itu diberikan oleh pemerintah mulai tahun 2001. Ia dan kementerian pun berharap dengan aksi tenggelamkan itu, masyarakat akan lebih tertarik lagi untuk melaut.
Sebelum meninggalkan tempat setelah sesi tanya jawab . Susi memberi informasi dan mengajak para Maba UB untuk berpartisipasi bersih bersih laut yang dinamakan Pandu Laut Nusantara, menghadap laut di 73 lokasi pada 19 Agustus 2018.

Baca Juga :   Mutasi Besar Diawal Tahun, Sutiaji Lantik 31 Pejabat di Pemkot Malang

Rektor UB Prof.Dr.Ir. Nuhfil Hanani AR, MS mengatakan, “Saya sangat bangga, di acara pembekalan Maba UB kali ini dihadiri oleh menteri Hits kelautan Dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Kami bisa tunjukkan bahwa Maba Universitas Brawijaya Akreditasi A ini mempunyai jumlah Mahasiswa Baru terbanyak di Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan Rektor, bahwa UB punya Mimpi ingin menjadikan UB sebagai entrepreneur University. “Tingkat Dunia,” Pungkasnya (*)

Pewarta : Djoko Winahyu.

Leave a Reply