BNI Terus Mendorong Perekonomian Desa Melalui BUMDES bersama Pers

PolitikaMalang – Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam Nawacita, Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa, BNI melakukan penanda tanganan nota kesepahaman dengan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam menyiapkan layanan perbankan guna menyalurkan APBN dan penyaluran dana bantuan pemerintah ke pedesaan, serta memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi masyarakat desa.

Nota kesepahaman ini diwujudkan berkolaborasi dengan momen Diskusi publik bertema ‘Sinergi Pemerintah, Perbankan, dan Pers dalam Mendorong Perekonomian Pedesaan melalui BUMDes, di Hotel Ubud ,Jum’at (28/9).

Langkah yang dilakukan BNI ini menjadi salah satu dukungan dalam mendorong Perekonomian Desa sesuai dengan program Nawacita.

Selama periode ini desa akan menerima kucuran dana berkisar Rp. 700 juta s/d Rp. 1,1 M perdesa. Dana desa tersebut harus diberdayakan melalui Bumdes (Badan Usaha Milik Desa).
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai area piloting Bumdes di Jawa Timur tentu ingin mensukseskan program pemerintah dalam membangun desa.

Kontribusi BNI untuk pengembangan ekonomi desa yakni BNI memberikan literasi keuangan, pengembangan bisnis rintisan, pelatihan, konsultasi dan pendampingan pembentukan BUMDesa.

Wiwi Suprihatno CEO Wilayah Malang mengatakan, BNI bertindak sebagai Agent Of Development dan secara aktif bersinergi dengan instansi pemerintah guna mendukung program pemerintah salah satunya adalah melakukan penyaluran Bantuan Langsung Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial (Bansos), Kartu Tani, Program Keluarga Harapan (PKH), Pendampingan Bumdes yang bertujuan agar perekonomian di desa dapat lebih berkembang dan mandiri.

Secara aktif yang dilakukan BNI dalam mendukung Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) adalah melakukan literasi keuangan, Bisnis rintisan, Pelatihan, Konsultasi dan Pendampingan pembentukan Desa.

Jumlah Agen46 BNI seluruh Indonesia saat ini mencapai lebih dari 42 ribu, sedangkan untuk wilayah Malang sendiri hampir mencapai 4 ribu Agen46.
“BNI telah melakukan pendampingan lebih dari 5.383 Bumdes di Seluruh Provinsi di Indonesia sedangkan di Wilayah Malang sendiri sejumlah 1.009 Bumdes di seluruh 25 Kota/Kabupaten di Jawa Timur Coverage area BNI Wilayah Malang,”ungkap Wiwi.

Baca Juga :   Heritage In Online Casino

Salah satu wujud nyata pendampingan BNI terhadap Bumdes sudah dipastikan omset akan meningkat seperti contohnya di beberapa Bumdes yang tersebar di Indonesia,” ungkapnya.

Ketua PWI Malang Raya, menyambut positif kepada Perbankan yang mampu berkolaborasi dengan Pers sehingga informasi bermanfaat ini akan tersebar ke masyarakat .

“Dalam menjalankan fungsinya, wartawan bertanggungjawab mensyiarkan informasi yang inspiratif. Selama ini, pemberitaan tentang desa masih minim padahal potensinya luar biasa sehingga pers perlu ambil peran untuk menggali dan mempublikasikan potensi desa agar keberadaan pers ini bermanfaat untuk bangsa,” tegas ketua PWI Malang Raya, Ariful Huda menutup wawancara.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply