Bocah SD ini Rindukan Tentara Kembali Ke Kampungnya, Warga Rindu Kebersamaan

PolitikaMalang – Berbagai kesan mendalam benar-benar terlihat pada seluruh lapisan masyarkat setelah disekitarnya tidak ada lagi sosok TNI Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0824/Jember, sesaat setelah dilakukannya Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada Rabu 27/03/2019 yang lalu.

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Gunungmalang yang berada di samping Lapangan Gayasan memang merupakan Pos Komando Satgas TMMD Ke 104 Kodim 0824/Jember selama sebulan penuh, sehingga siswa-siswi SDN 02 Gunungmalang tersebut kesehariannya selalu bertemu dengan bapak-bapak TNI, bahkan sering melaksanakan pembinaan baris berbaris kepada siswa-siswi disitu.

Salah satu siswi kelas 3 SDN 02 Gunungmalang Nur Aini saat saya coba untuk menanyakan apa kesannya dengan bapak-bapak TNI yang ada disini kemarin,
dengan sangat polos awal yang ditanyakan adalah kapan TNI kesini lagi?

Saat ditanya apakah Nur Aini senang dengan TNI saat ada disini? “Nur Aini pun menjawab dengan tangkas senang sekali karena bapak TNI membangun lapangan ini, sambil menunjuk arah lapangan, membangun jalan ini sambil menunjuk arah jalan. Kemudian dengan spontan menyampaikan bahwa TNI itu hebat sambil berlari menjauhi kami dan bergabung dengan teman-temannya.

Senada, Katimin, salah seorang pemilik rumah dan merupakan Kepala Sekolah SDN Randuangung mengungkapkan rasa senang dan syukurnya, karena rumahnya dan keluarganya dapat tidur bersama tentara seperti satu keluarga.

“Kami senang dan bersyukur, karena ada anggota tentara yang tidur bersama di rumah kami. Sehingga kami sama seperti keluarga. Ini kebanggaan besar bagi keluarga kami”, kata Katimin.

Bapak Katimin berkata “semua itu sekarang tinggal kenangan dan kemungkinan kecil bisa terulang lagi” kata Katimin sambil mata berkaca-kaca, sekarang rumah Katimin pun kelihatan sepi tidak ada lagi suara gemuruh canda tawa yang bikin suasana rumah Katimin ramai lagi. (*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply