BPBD: Masyarakat Harus Tingkatkan Kewaspadaan akan Terjadinya Bencana

PolitikaMalang – Waspada dan sadar bencana terus disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang. Datangnya musim penghujan dan kemungkinan cuaca buruk membuat masyarakat harus tetap berhati-hati dan waspada akan potensi bencana yang bisa terjadi di kawasan sekitarnya.

Kepala BPBD, Hartono, mengatakan datangnya musim penghujan dan kemungkinan terjadinya cuaca buruk, membutuhkan peran serta komponen masyarakat terutama BPBD untuk selalu sigap dan siaga dalam menghadapi bencana.

Biasanya, pada musim seperti ini, bencana mulai longsor, banjir hingga pohon tumbang berpotensi terjadi, sehingga masyarakat perlu waspada akan hal tersebut.

“Dalam kondisi cuaca seperti ini masyarakat harus waspada akan terjadinya berbagai bencana,” kata Hartono.

Dikatakan, berdasarkan hasil laporan tim BPBD, pada Rabu (15/11) terjadi bencana kebakaran di kawasan Kecamatan Kedung Kandang. Rumah salah seorang warga Jalan Madyopuro Gang I, dilalap si jago merah pada sekitar pukul 12.30 WIB.

Penyebabnya bermula saat salah satu anggota keluarga bernama Sri (44) lupa mematikan kompor, sehingga api membakar dapur berukuran 13 meter X 5 meter yang bahan dindingnya didominasi oleh kayu triplek. Api menyebar membakar kamar mandi yang tak jauh dari dapur.

Beruntung api tak melebar melalap seluruh isi rumah berkat bantuan warga yang memadamkan api secara bergotong royong.

“Tidak ada korban jiwa. Hanya salah satu anggota keluarga mengalami kaki melepuh akibat terkena api. Untik kerugian masih kita hitung dan BPBD sudah memberikan bantuan langsung berupa paket sembako dan terpal untuk menutupi area yang terbakar,” kata Hartono.

Tim TRC BPBD sudah diterjunkan untuk melakukan bantuan dan mendata kerusakan yang dialami. Atas kejadian itu, Hartono kembali mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap segala sesuatu yang bisa menyebabkan timbulnya bencana. (Sumber: Humas Pemkot Malang)

Leave a Reply