BPTP Jatim Siap Bantu Replikasi Kampung 3G

PolitikaMalang – Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi prioritas pembangunan pertanian nasional dari waktu ke waktu.
Ke depan, setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga.

Momen sebagai pembina Lingkungan ditangkap Bambang Irianto penerima Kalpataru 2018 dari Presiden, untuk mereplikasi kampung 3G sesuai rencana MoU dengan BPTP JawaTimur untuk menggarap Kampung di seluruh wilayah JawaTimur.

Pencetus program KRPL Prof.Sudarmadi Purnomo mengatakan , awal konsepnya diarahkan bagi Rumah Tangga (RT) mandiri untuk pangan. Pemberdayaan RT mandiri pangan, progamnya optimalisasi pekarangan atau karangkitri, yang artinya, RT harus berkelompok melakukan gerakan tersendiri, apa yang ditanam dan dikelola pasti higenis sehingga mereka tahu apa yang harus dikerjakan apa yang harus dipanen.

Ditanya terkait kerjasama dengan sang inisator Kampung Glintung go green,
Sudarmadi menjelaskan, yang pertama tentu, adalah pendampingan transformasi, khusus pecinta lingkungan. “Kami juga punya produk dan inovasi yang akan kami kembangkan. Jika ini terus dilakukan akan ada inovasi yang akan disesuaikan dengan perilaku atau karakter dari masing-masing daerah .

“Pendampingan kan perlu alat peraga, jadi kami siap mendukung maupun melakukan pendampingan jika dibutuhkan pak Bambang Irianto,”tegasnya

Sementara itu, ketua RW 23 Glintung Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang yang biasa dipanggil Bambang Ir, sangat antusias menerima tawaran kerjasama dari Dr, Sudarmadi Pencetus program KRPL BPTP JawaTimur itu.

Dirinya akan terus berjuang keliling daerah sebagai pembina Lingkungan yang tentunya akan melihat, memantau, serta akan memetakan Desa dengan masing – masing karakternya yang tentunya berbeda.

“Semakin banyak melakukan integratif semakin bagus untuk melayani keragaman wilayah,” pungkas Bambang Irianto .(*)

 

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply