Bupati Malang Apresiasi Pagak Masuk Zona Hijau Covid-19

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M.M dan sejumlah Forkopimda diantaranya Kapolres Malang dan Ketua DPRD Kabupaten Malang, serta didampingi Pj Sekretaris Daerah Kabupaten, Wahyu Hidayat dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang berkunjung ke Kampung Tangguh di RW 04 Dusun Bandarangin, Desa Sumberejo, Kecamatan Pagak, Sabtu (6/6) siang.

Kampung Tangguh ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding kampung lainnya diantaranya memiliki lumbung pangan, posko penanganan Covid-19, ruang isolasi dan observasi, dan pos cek point berbasis swadaya maayarakat setempat. Tak salah jika kemudian Bupati Malang memberikan apresiasi tinggi atas berdirinya Kampung Tangguh ini yang juga didukung penuh jajaran di tingkat Pemerintah Desa dan Muspika setempat.

Bahkan, khusus untuk bidang ketahanan pangan disiapkan oleh sekelompok masyarakat yang punya usaha atau pengusaha makanan seperti yang aktif memproduksi bakpao yang dikirim Malang kota dan Kota Batu. Sedangkan, untuk ruang observasi bagi masyarakat juga disiapkan dari bantuan pinjaman oleh salah satu warga setempat. Relawan Kampung Tangguh ini seiring adanya virus Corona telah melaksakan beberapa kegiatan diantaranya sosialisasi dan edukasi tentang bahaya dari virus tersebut kepada masyarakat. Bersama pemerintah desa juga menyampaikan sosialisasi ke tokoh agama dan tokoh masyarakat terkait untuk bersama sosialisasikan dan edukasi ke masyarakat.

Langkah-langkah kewaspadaan juga sudah dilakukan dengan penyemprotan desinfektan, pemberian masker, razia di tempat-tempat keramaian, dan penyediaan bahan pangan kebutuhan selama pandemi, juga menyiapkan piranti pemakaman sesuai protokol kesehatan Covid-19. Harapannga, di seluruh wilayah Kecamatan Pagak ini tetap berpredikat zona hijau, karena belum ada sama sekali yang terpapar virus Covid-19. Harapannya, tidak ada satupun yang terpapar hingga ke depannya.

Baca Juga :   Nyekar ke Makam Bung Karno, Bu Nyai: Beliau kawan Berdiskusi Kakek Saya

”Mulai 16 Maret lalu, di awal Covid-19 ini masuk Kabupaten Malang sampai saat ini, Kecamatan Pagak, tercatat sebagai Zona Hijau. Meski demiikian, khususnya Desa Sumberejo, juga memiliki Kampung Tangguh di RW4 ini. Di Malang Selatan, khususnya Kecamatan Pagak kini menjadi contoh yang baik dan mudah-mudahan warganya sehat semua. Seluruh warga agar tetap masker wajib, cuci tangan dan jaga kesehatan seiring menyongsong New Normal,” pesan Abah Sanusi, sapaan akrab Bupati Malang.

Di Kampung Tangguh Desa Sumberejo, beliau juga sempat meninjau posko, ruang isolasi, ruang observasi dan lumbung pangan. Bupati juga menyerahkan bantuan kepada anak yatim piatu. Sebelumnya ke wilayah Kecamatan Pagak, kunjungan serupa juga dilakuka ke wilayah Kecamatan Donomulyo. Antara lain berkunjung ke Kampung Tangguh Desa Purworejo dan Kampung Tangguh Desa Sumberoto.

Leave a Reply