Bupati Malang Kunjungi Korban Puting Beliung di Jabung

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M mengunjungi lokasi terdampak bencana angin puting beliung di Dusun Rekesan, Desa Gunung Jati, Kecamatan Jabung, Selasa (3/12) siang. Pak Sanusi, sapaan akrab Bupati berusaha bisa menemui langsung para korban. Dalam kesempatan ini, beliau menyerahkan sejumlah paket bantuan kepada korban dari rumah salah satu warga yang dijadikan Posko Bencana. Puting beliung disertai hujan lebat menerjang wilayah Dusun Rekesan pada Senin (2/12) sore.  

Pak Sanusi datang tak sendiri dalam kunjungan kali ini. Turut dalam rombongan diantaranya Kepala BPBD, Kepala Dinas Sosial, Kasatpol PP, Kepala Bagian Adm Kesra Setda Kabupaten Malang, dan pimpinan Bank Jatim yang berkantor di Kabupaten Malang. Tercatat, sebanyak 59 Kepala Keluarga yang tersebar di dua RT, antara lain RT 20 dan RT 21, Dusun Rekesan. Masing-masing korban mendapat paket bantuan berupa terpal dan paket sembako. Bagi mereka yang rumahnya rusak parah dibantu melalui program bedah rumah.   

‘’Karena ada masyarakat di wilayah Kecamatan Jabung yang kena musibah, kita mencoba untuk meringankan beban dengan membantu membenahi kerusakan dan keperluan logistik dengan memberikan bantuan sembako. BPBD yang akan menangani karena anggaran yang melekat di dana kebencanaan. Termasuk kepada korban puting beliung yang di Dengkol Singosari,” terang Bupati ketika diwawancarai awak media didampingi Humas dan Protokol Kabupaten Malang.

Sebelum meninggalkan Jabung, Bupati kembali mengintruksikan BPBD untuk tetap dan selalu tanggap bencana. Intruksi yang sama juga disampaikan kepada jajaran pemerintahan di tingkat Kecamatan dan Desa, serta masyarakat. Kegiatan assesment harus cepat dilaksanakan oleh OPD terkait kebencanaan, jajaran Muspika. Beliau pun berharap, seiring memasuki pergantian musim, musibah puting beliung dan bencana lainnya tidak sampai kembali menenjang wilayah Kabupaten Malang.  

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

‘’Bencana putting beliung ini sulit untuk kewaspadaan. Semua daerah di wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang berpeluang. Karena musibah bencana putting beliung ini tidak bisa dicegah dan dihadang. Datangnya dimana, dan kapan saja, kita tidak tahu? Sebelumnya, bencana yang sama juga pernah terjadi di wilayah Kecamatan Gedangan dan Sumber Pucung. OPD yang terkait kebencanaan, seperti BPBD PMI diminta untuk tetap siaga terhadap situasi kritis. Termasuk seluruh Camat dan Tagana untuk siaga, ketika ada bencana, maka seluruhnya diintruksikan turun bersama-sama,” pungkas Bupati Malang. 

Leave a Reply