Camat Tegalrejo Jogjakarta Ajak Warganya Timba Ilmu Di Kampung 3G

PolitikaMalang – 40 orang Warga dan aparatur Kecamatan Tegalrejo Jogjakarta melakuan kunjungan ke Kampung Glintung Go Green (Kampung 3G) kota Malang.

“Sebenarnya kami sudah memiliki beberapa program pelestarian lingkungan seperti konservasi air dan Bank Sampah di wilayah kecamatannya, namun warga dan aparatur kecamatan Tegalrejo masih perlu banyak belajar kepada ketua RW Glintung Go Green Ir Bambang Irianto utamanya bagai mana ketua Rw 23 ini bisa merubah mindset warganya yang awalnya menolak,[[ berubah mendukung dan ikut bekerja,” ujar camat Tegalrejo Jogjakarta Riyanto Tri Nugroho kepada PolitikaMalang, Minggu (14/10).

Kedatangan 40 orang dari rombongan Tegalrejo Jogjakarta tersebut disambut oleh Ketua RW 23 Purwantoro yang merupakan inisiator kelahiran Kampung Glintung Go Green, Bambang Irianto didampingi para Srikandi 3G yang menjadi guide para rombongan berkeliling Kampung 3G.

Saat ditanya tentang darimana mengetahui Kampung Glintung Go Green, Riyanto Tri Nugroho menyatakan pihaknya sudah pernah bertemu dengan Bambang irianto saat diundang Pemerintah Kota Jogjakarta beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, Ketua RW 23 Purwantoro Bambang Irianto membenarkan jika dirinya memang pernah datang ke Jogjakarta untuk mempresentasikan tentang konsep gerakan menabung air dengan menggunakan biopori.

“Waktu itu saya bersama dengan Wakil Walikota Jogjakarta presentasi di kecamatan Tegalrejo dan melakukan pencanangan gerakan menabung air dengan membuat Biopori Super Jumbo. Pemkot Jogja sangat serius dalam melakukan perlindungan lingkungan khususnya tetang konservasi air dengan membuat tanah-tanah resapan dan bentuk kegiatan yang lainnya,” ungkkap Bambang Irianto.

Bambang Irianto menegaskan bahwa ada hal yang menarik di Jogjakarta yang bisa diambil dan diterapkan di kota Malang yakni adanya Peraturan Walikota jogjakarta tentang kampung wisata yang benar-benar mengatur tentang Kampung Wisata secara detail.

Baca Juga :   Mutasi Besar Diawal Tahun, Sutiaji Lantik 31 Pejabat di Pemkot Malang

“Jika Walikota Malang juga mengeluarkan peraturan yang sama yang akan mengatur tentang Kampung Wisata maka perkembangan Kampung Wisata atau Kampung tematik di kota Malang akan bisa semakin terarah dan bisa benar-benar bermanfaat bagi semuanya,” ungkap Bambang Irianto penuh harap.”(*)

Pewarta : Djoko Winahyu.

Leave a Reply