Cegah Dampak Negatif, Kominfo Ajak Batasi Penggunaan Internet untuk Anak-Anak

PolitikaMalang – Penggunaan internet yang berlebihan, khususnya bagi anak-anak disinyalir bisa membawa dampak negatif. Hal itulah yang membuat para orang tua khawatir akan penggunaan internet di kalangan pelajar maupun anak-anak.

Beranjak dari hak itu Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Malang mengadakan sosialisasi bertema “Internet Sehat dan Aman (INSAN)” di Hotel Ibis Malang, Rabu (15/11).

Dalam sosialisasi ini, Kominfo bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Malang agar sasarannya bisa menyebar merata dari Sekolah Dasar dan SMP.

Selain itu, Kominfo juga mendatangkan psikolog guna mengajarkan kepada peserta bagaimana pendekatan psikologi anak dengan orang tua maupun guru.

Hal dasar yang menjadi perhatian adalah mudajnya anak mengakses internet, hal itu bisa memberi dampak positif namun juga besar dampak negatifnya.

“Sehingga kami rasa perlu untuk mengingatkan kembali yaitu Guru, Kepala Sekolah dan juga Wali Murid dari SD dan SMP se-Kota Malang, untuk mengawasi penggunaan internet anak-anak” ujar Kepala Bidang Informasi Publik, Ismintarti.

“Jadi itu aplikasinya untuk mengontrol anak anak menggunakan internet apa dan di gunakan untuk apa. Itu kita lihat pada HP kita. Dan bisa kita kendalikan.” Imbuhnya.

Narasumber juga mengatakan, banyak sekali konten-konten yang di kemas secara negatif yang membuat anak-anak kecanduan gadget dan itu melebihi waktu yang semestinya. Dan mengganggu kecerdasan dan akhlak pada anak-anak.

Kominfo menghimbau agar anak-anak harus berkomunikasi langsung terhadap orangtua.”jaman sekarang kan serba instan, kalau ada apa-apa tinggal Whatsapp saja, jadi komunikasinya kurang bagus,” imbuhnya.

“Bagi saya ini sangat besar manfaatnya, karena bisa mengetahui dampak positif dan negatif. Saya jadi sedikit mengerti cara memblokir situs-situs yang negatif yang merugikan anak saya maupun anak didik saya,” ujar Guru SD Jati Mulyo 5, Riana

Baca Juga :   The Surface Associated with Making a request Exist Physical activities Probabilities Any time Introducing Your Rugger Promise Online

Leave a Reply