Demokrat Siapkan Kejutan di Pilkada Kota Malang

PolitikaMalang - Partai Demokrat Kota Malang diam-diam sedang menyusun rencana besar untuk menatap kontestasi di Pilkada Kota Malang. Bagaimana tidak, pada Pilkada tahun 2013 lalu, partai ini mengajukan calon dari kalangan internalnya sendiri yakni Agus Dono untuk bertarung dalam perebutan kursi Wali Kota Malang. Ketua DPC Partai Demokrat Kota Malang, Arief Darmawan, mengatakan, saat ini partai masih sedang dalam penjajakan dengan partai lain untuk kemungkinan koalisi.

Penjajakan dilakukan untuk mencari visi dan misi yang sama bagi pembangunan di Kota Malang. Beberapa partai seperti Gerindra, PAN, PKS hingga PPP, lanjut Arief sudah melakukan komunikasi politik, namun hingga saat ini belum ada keputusan bulat soal koalisi.

“Namanya koalisi seperti orang mau dinikahkan, harus ada pendekatan dulu, dilihat dulu visi dan misi apakah sama, jika memang dengan partai lain sudah klik, kita langsung berangkat,” kata Arief.

Partai Demokrat bukanlah termasuk kekuatan yang dapat dipandang sebelah mata, karena partai ini memiliki 5 kursi di legislatif, sehingga hanya membutuhkan 4 kursi lagi dari koalisi untuk bisa mengusung calon tersendiri. Terkait tokoh yang akan dimajukan, meskipun belum mengerucut nama yang pasti, namun Demokrat mengaku sudah memiliki beberapa nama yang masih dirahasiakan.

“Kalau tokoh belum dulu lah, kita penjajakan dulu baru jika sudah ada partai yang mau koalisi maka kita akan jaring tokoh,” kata Arief.

Meski begitu, Arief menuturkan jika Partai Demokrat siap memberikan kejutan untuk Pilkada di Kota Malang tahun mendatang. Dikatakannya, ada beberapa kemungkinan, yakni partai akan mengusung calon dari kalangan internal atau partai mendukung calon dari partai lain yang sudah sepakat untuk koalisi.

“Kita masih melihat dulu peta politik, karena ini kan masih cair segala kemungkinan itu bisa terjadi,” pungkasnya.

Baca Juga :   Showmanship Almost limitless Bucks & Girls 15 minutes Instructions

Konstelasi politik di Kota Malang diketahui sudah mulai memanas. Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, sudah memutuskan untuk maju sebagai bakal calon wali kota di pilkada mendatang. Ia sudah resmi mengambil formulir pendaftaran untuk bakal calon wali kota dari PDI Perjuangan.

Sementara itu, calon petahana dalam pilkada yakni Wali Kota Malang, H. Moch Anton juga diketahui sudah menjaring komunikasi politik dengan beberapa partai untuk diajak koalisi, salah satunya adalah Partai Golkar dan beberapa partai lainnya.

Beberapa tokoh juga sudah mulai bermunculan jelang pilkada Kota Malang. Sebut saja nama Ketua DPRD Kota Malang, Arief Wicaksono yang juga sudah mendapat restu dari 5 PAC PDI Perjuangan untuk tampil sebagai bakal calon wali kota di pilkada Kota Malang. Sementara nama lain yang masih sangat diperhitungkan yakni Ketua DPC Partai Hanura, Ya’qud Ananda Gudban yang elektabilitasnya sudah mulai merangkak naik.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko juga digadang-gadang akan maju dalam pilkada Kota Malang, disamping nama Heri Puji Utami (Bunda HP), Moreno Soeprapto, Anang Hermansyah dan sejumlah nama yang sudah mengambil formulir bakal calon di PDI Perjuangan seperti Gandung Rafiul Huda, Wayan Sutama, dan Daniel Sitepu.

Leave a Reply