Di Pekan Legislatif Mahasiswa Nasional, Nanda Beber Soal E-Budgeting

PolitikaMalang – Anggota DPRD Kota Malang, Ya’qud Ananda Gudban, menjadi pembicara dalam sekolah legislatif, Rabu (15/11) di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Wanita yang akrab disapa Nanda itu dipercaya menjadi pemateri dalam rangkaian Pekan Legislatif Mahasiswa Nasional.

Wanita yang menjabat sebagai Ketua DPC Hanura Kota Malang itu memberikan berbagai hak tentang tugas pokok dan fingsi di DPRD Kota Malang dari bidang legislasi, penganggaran dan pengawasan terhadap eksekutif.

Wanita yang kini dijuluki Srikandi Ijen itu tidak sungkan berbagai pengalamannya selama menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Malang. Paparan yang dilakukan Nanda mengundang antusiasme peserta yang hadir.

Sesi tanya jawab berlangsung hangat dan bahkan ada yang memberikan komentar yang menunjukkan bagaimana keresahan intelektual mahasiswa dalam menyikapi permasalahan bangsa. “Kami bosan dengar penyalahgunaan wewenang baik dari eksekutif maupun legislatif dalam proses penganggaran,” ujar salah seorang peserta.

Nanda pun menyampaikan respon yang cukup solutif di hadapan mahasiswa. “Saya menyarankan untuk memakai sistem e – governance. Dengan sistem itu, perilaku menyimpang bisa diantisipasi,” tegasnya peraih gelar doktor dari Universitas Brawijaya ini.

Ia menjelaskan, semua kebijakan kembali lagi kepada Pemkot Malang selaku eksekutor kebijakan, sedangkan dewan hanya mengawasi kinerja.

“Jika sistem itu diterapkan, semua jadi transparan. Bahkan masyarakat juga bisa memantau langsung. Ini berbeda dengan selama ini, karena tidak bisa terbaca oleh yang lain, tidak bisa saling mengawasi,” pungkasnya.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

Leave a Reply