Dialog dengan Nanda Gudban, Warga Sambat Soal Jembatan Kedung Kandang

PolitikaMalang – Acara Tahlil warga kelurahan Kedungkandang RW 05 Gang 2 tampak berbeda pada malam Jumat, (26/1). Kali ini, warga dikejutkan kehadiran sosok Calon Wali Kota Malang, Dr. Ya’qud Ananda Gudban.

Kehadirannya pun disambut hangat oleh warga setempat. Mereka berharap Nanda bisa terpilih sebagai wali kota Malang dan mampu merealisasikan harapan-harapan warganya dan tidak lupa dengan rakyat kecil.

Ketua RT 05 kelurahan Kedungkandang, Siti Fatimah dalam kesempatan itu menyampaikan, hal utama yang perlu mendapat perhatian khusus yaitu perbaikan jalan, jembatan Kedungkandang dan rumah-rumah warga yang tidak layak ditempati.

“Biasanya, warga yang tinggal di rumah tak layak huni dipengaruhi oleh jumlah keluarga mereka yang banyak namun penghasilannya sedikit. Uangnya hanya cukup untuk makan sehari-hari saja,” terang ibu tiga anak ini. Ia berharap Nanda bisa memberikan perhatian lebih untuk membantu rakyat kecil yang memang perlu dibantu.

Selain itu, Ibu Sulistyawati menambahkan bahwa kegiatan dalam Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di kelurahan Kedungkandang masih monoton dan kurang berkembang. Terutama untuk ibu-ibu yang tidak memiliki pekerjaan, alangkah baiknya mereka untuk mengikuti les memasak ataupun menjahit. Dengan begitu ibu-ibu bisa lebih produktif dan menambah penghasilannya.

“Seperti di Jalan Telukgrajakan ada kampung kue. Nah, ini bisa dijadikan contoh untuk kelurahan kita untuk biar lebih produktif,” paparnya. Selama ini, untuk kegiatan PKK warga dalam hal pembinaan keterampilan meliputi, membuat bunga dari sedotan, telor asin dan emping.

Namun, ia begitu yakin jika pasangan Nanda-Wanedi terpilih, ia bisa mengatasi problematika warga kelurahan Kedungkandang ini. “Apalagi melihat dari pengalaman mbak Nanda yang sudah dua kali duduk di kursi legiislatif. Tentu masalah seperti ini mudah sekali baginya,” imbuh ibu pemilik usaha laundri ini.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

Menjawab hal itu, Dr. Ya’qud Ananda Gudban, menjelaskan, bahwa apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, baik terkait penyelesaian jembatan Kedungkandang serta pembangunan-pembangunan yang tertunda sudah menjadi program besarnya ketika menjabat sebagai Wali Kota Malang kelak.

“Masalah Jembatan Kedung Kandang ini masalah besar yang tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah sebelumnya. Kami pasangan MeNaWan sudah memiliki program dan visi untuk merealisasikan hal itu,” kata Nanda

Sementara itu, untuk program-program kegiatan ibu-ibu PKK ini tentu akan terus ditingkatkan dan disiapkan untuk program-program yang dapat memberdayakan ibu-ibu untuk bisa lebih produktif dan mandiri.

“Selain itu, perlunya perhatian khusus pada pasar tradisional. Kalau pasar bersih, nyaman, rapi. Ibu- ibu pasti banyak yang betah belanja di pasar tidak perlu ke swalayan. Dengan begitu kita bisa menambah penghasilan pedagang-pedagang kecil,” tegas Nanda

Leave a Reply