Dilantik, Wahyu Hidayat Resmi Jabat Sekda Kabupaten Malang

PolitikaMalang – Alumnus Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITN Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang. Pelantikan dilakukan oleh Bupati Malang, Drs. H M Sanusi MM di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin (20/07/2020).

Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT mengatakan, Wahyu Hidayat memang layak menjabat sekretaris daerah. Pasalnya mantan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) tersebut memiliki banyak pengalaman. Wahyu Hidayat sebelumnya pernah menjabat sebagai kepala di beberapa dinas di lingkungan Pemkab Malang.

“Pengalaman Pak Wahyu sudah banyak. Dengan pengalamannya yang sudah ada, masyarakat akan percaya Pak Wahyu bisa dan sudah siap mengkoordinir dinas-dinas yang ada di Kabupaten Malang,” ujar rektor saat ditemui Humas ITN Malang di ruangannya, Senin (20/07/2020).

Dikatakan rektor, Waktu Hidayat merupakan sosok yang rajin dan serius. Itu terlihat ketika selama ini Wahyu Hidayat menjadi Dosen Luar Biasa di Program Studi PWK ITN Malang. “Pak Wahyu itu kalau mengajar juga total, apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa dilayani. Dia (Wahyu Hidayat) juga bersedia membimbing tugas akhir. Ya, harapan institusi Pak Wahyu meskipun sudah menjabat sekda, nanti masih bisa terus mengajar di ITN Malang. Dengan catatan tidak sampai mengganggu jadwalnya berdinas sebagai ASN dan mendapat ijin dari atasan,” terang Kustamar.

Rektor selama ini selalu terkesan dengan loyalnya Wahyu Hidayat kepada almamaternya ITN Malang. Seperti saat Prodi PWK mendapat akreditasi A secara khusus Wahyu Hidayat memberi ucapan kepada institusi. Bahkan tatkala diminta hadir sebagai alumnus PWK saat ada asesor dari BAN PT, Wahyu Hidayat juga berkenan hadir.

“Harapan ke depannya akan ada sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan ITN Malang. Kerjasama akan lebih luas lagi terkait perencanaan wilayah dan tidak hanya pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan keahlian PWK, namun juga di bidang lainnya. Nanti, selain melibatkan dosen juga bisa melibatkan mahasiswa. Sehingga mahasiswa paham terhadap permasalahan dan solusi yang harus diambil saat di lapangan,” imbuh lulusan doktoral UB ini.

Baca Juga :   Jelang Pilkada 2020, Pjs Bupati Malang Tegaskan Netralitas ASN

Dihubungi terpisah, Kepala Prodi PWK, Dr. Agung Witjaksono, ST, MT mengucapkan selamat atas dilantiknya Wahyu Hidayat sebagai Sekda Kabupaten Malang. Di mata Agung, Wahyu Hidayat merupakan sosok yang ulet. Terbukti alumnus angkatan pertama PWK tahun 1985 ini selalu meng-upgrade keilmuwannya hingga mencapai gelar doktoral.

“ini sebagai bukti Pak Wahyu tidak pernah berhenti belajar dan selalu amanah dalam mengemban tugas, hingga ia mendapat amanah menjadi Sekda Kabupaten Malang. Semoga dengan menjabat sekda, Pak Wahyu bisa mengangkat pembangunan di Kabupaten Malang dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang secara umum,” harap Agung saat dihubungi melalui sambungan whatsapp.

Menurut Agung, capaian Wahyu Hidayat menjabat sekda juga menjadi keberhasilan bagi Prodi PWK. Pangkalnya, sekda merupakan jabatan cukup tinggi di instansi pemerintahan. Dengan begitu menjadi salah satu tolak ukur bagi Prodi PWK ITN Malang untuk bisa mengantarkan alumninya sukses dimanapun berada. Sebagai Dosen Luar Biasa PWK, Wahyu Hidayat diharapkan masih bisa mengajar dan konsisten dalam mentransfer ilmunya ke mahasiswa. Memberikan kajian dari sisi birokrasi pemerintahan terkait teori-teori ke-planologian yang disajikan dengan contoh yang nyata dari tugas-tugas-tugas yang dihadapi Wahyu Hidayat.

“Kami berharap, Pak Wahyu bisa membuka wacana bagi calon-calon mahasiswa yang ingin masuk ke PWK ITN Malang. Bahwa alumni PWK bisa berkontribusi dan berkompetisi untuk meraih kedudukan yang strategis di pemerintahan,” pungkas Agung.

Leave a Reply