DPR Komisi XI Dorong Bank Pemerintah Bebaskan Bunga Pinjaman UMKM Terdampak Covid-19

PolitikaMalang – Berbagai koordinasi teknis secara virtual terus dilakukan oleh para legislator Senayan. Kali ini, Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggelar rapat bersama jajaran Direksi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Mandiri. Pada rapat tersebut, Komisi XI meminta BRI dan Bank Mandiri memprioritaskan persetujuan pembebasan bunga dan penundaan pembayaran pokok pinjaman bagi UMKM.

Dalam rapat tersebut, Komisi XI melihat UMKM sangat terdampak karena kemampuan likuiditas sangat rentan terhadap pandemi virus corona atau Covid-19. Di mana pasar UMKM sebagian besar berhenti, yang membuat supply dan demam secara otomatis ikut berhenti.

Senada dengan hal tersebut, Anggota Komisi XI Ali Ahmad menyebut, selama ini UMKM merupakan komponen penggerak ekonomi kerakyatan yang telah menyerap lapangan pekerjaan paling besar disemua klaster usaha atau bisnis di Indonesia.

“Oleh karena itu, kami meminta Bank BRI dan Bank Mandiri memprioritaskan persetujuan pembebasan bunga pembayaran pokok pinjaman bagi UMKM,” ungkapnya (13/4/20).

Gus Ali saat rapat Komisi XI bersama Bank Mandiri


Menurut pria yang akrab disapa Gus Ali ini, BRI dan Bank Mandiri sudah saatnya menunjukkan jati diri pro pelaku ekonomi kerakyatan sebagai lokomotif industri perbankan nasional. Selama ini priroitas menyetorkan laba Ke pemegang saham, diharapkan prioritas berubah arah sesuai POJK No. 11 tahun 2020.

Politisi yang juga ketua DPC PKB Kabupaten Malang ini berharap, semua bank pemerintah segera melakukan debirokratisasi terhadap proses pengajuan restrukturisasi dengan cara membentuk tim khusus pelayanan dan melakukan pembagian zonasi pelayanan dengan semua klaster debitur.

“Kami yakin dan percaya SDM dan infrakstutur yang dimiliki BRI dan Bank Mandiri mampu bergerak cepat dan tepat,” ungkap anggota DPR dapil Malang Raya ini.

Seperti diketahui, berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mengatasi penyebaran wabah Covid-19 ini. Pemerintah juga berupaya menyiapkan berbagai skema dalam mengatasi dampak sosial ekonomi yang mulai dirasakan masyarakat.

Baca Juga :   Perkuat Ideologi, Gus Ali Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

Leave a Reply