DPRD Gelar Rapat Paripurna Pandangan Akhir Fraksi Soal Dua Ranperda

 

PolitikaMalang – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang menggelar Rapat Paripurna Pandangan Akhir Fraksi terkait dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) masing-masing Ranperda Cagar Budaya dan Ranperda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) pada Rabu (3/1/2018) di Ruang Sidang DPRD.

Dalam kesempatan itu sidang Paripurna Dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Malang, Drs. Abd. Hakim dan dihadiri oleh semua perwakilan anggota fraksi dan unsur dari Pemerintah Kota Malang.

Dua Ranperda yakni Ranperda KTR dan Ranperda Cagar Budaya sebelumnya sudah dilakukan sesuai dengan tahapan berdasar aturan peraturan perundangan. Ranperda tersebut juga sudah dilakukan evaluasi oleh Gubernur Jawa Timur.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, semua fraksi menyepakati dua Ranperda tersebut untuk diundangkan menjadi Pertauran Daerah (Perda) yang sah dan mengikat secara hukum. Namun, karena sifatnya masih umum, maka dua Ranperda itu, masih membutuhkan aturan teknis berupa Peraturan Wali Kota (Perwal).

Ketua DPRD Kota Malang, Abd. Hakim, mengatakan, Perwal sebagai aturan teknis untuk dua Perda tersebut sangat diperlukan. Ia mencontohkan pada Perda KTR, mislanya soal lokasi-lokasi dimana tempat dilarang merokok secara teknis akan ditentukan dalam Perwal.

“Misalkan di Perda KTR, lokasi-lokasi mana yang diperbolehkan dan dilarang itu akan dijelaskan secara teknisnya dalam Perwal,” kata Abd. Hakim.

Setelah melalui berbagai proses tahapan tersebut, maka Ranperda ini akan segera dikirimkan kepada eksekutif untuk segera diundangkan secara resmi. Menurut Abd. Hakim kebutuhan akan aturan hukum dalam bidang Cagar Budaya dan Kawasan Tanpa Rokok sangat perlu bagi masyarakat.

“Kita berharap aturan ini bisa berjalan dengan efektif dan membawa dampak yang baik bagi masyarakat dalam upaya menjaga Cagar Budaya di Kota Malang maupun untuk membatasi ruang bagi para perokok aktif di area publik,” ucapnya.

Baca Juga :   Walikota Malang: Sampaikan Aspirasi Dengan Cara Yang Baik

(Bagian Humas DPRD Kota Malang)

Leave a Reply