Empat Hasil Penelitian Mahasiswa FKUB Lolos Pendanaan DIKTI

Politikamalang
4 penelitian mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) berhasil lolos pendanaan DIKTI pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Nantinya, mereka akan berjuang dalam ajang Pekan Ilmiah digelar Agustus 2019 mendatang di Bali.

4 penelitian tersebut terdiri atas tiga bidang kedokteran, di antaranya E-CANDS (Ekstrak Candida Albicans sebagai Immunomodulator Demam Tifoid melalui Imunitas [email protected] dan INF-g); Vi-MARS (Viscosin Extract of Pseudomonas Fluorescens for Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA)); dan V-COSIS (Ekstrak Vis Cosin dari Membran Pseudomonas Fluorescens untuk Infeksi Mycobacterium Tuberculosis). Serta satu penelitian dari bidang kesehatan, yaitu DION (Diet Online: Solusi Diet dan Obesitas Zaman Now).

Keempatnya hari ini memamerkan penelitiannya dalam Expo FK UB dan MONEV 3 PKM Pendanaan DIKTI 2019 di Gedung Graha Medika lantai II FKUB, Rabu (26/06/2019).

Wakil Dekan III FKUB, dr Eriko Prawestiningtyas SpF, mengatakan, acara ini merupakan program yang rutin dilakukan FKUB setiap tahun dan terdapat beberapa proses.

“Dan ini kita sudah sampai pada fase monev ketiga, di mana Alhamdulillah sampai saat ini FKUB meloloskan 4 tim yang bisa masuk yang sudah didanai oleh Dikti dan nantinya akan ada monev eksternal langsung dari Dikti pada bulan Juli,” terangnya.

Sebelumnya, sekitar 13 tim dari FKUB mengajukan diri. Keempat tim yang lolos pendanaan ini rutin berkonsultasi dengan pembimbing yang selalu mengikuti kegiatan penelitian mereka. Jadi, dari pihak internal masing-masing tim memiliki pembinanya sendiri-sendiri.

“Pembimbingnya yang memang track recordnya memang beliau-beliau adalah mereka yang sudah sering untuk mengikuti kegiatan Pimnas seperti ini dan memang berhasil masuk,” ungkapnya.

Selain itu, pembimbingan juga dilakukan dari pihak eksternal. UB memfasilitasi tim untuk pembinaan langsung dengan juri-juri Pimnas UB.

Baca Juga :   THE Little finger Related Articles

“Sehingga, kelak akan ada bimbingan terkait dengan kiat-kiat untuk meningkatkan kepercayaan diri, untuk memudahkan cara presentasi, memudahkan cara menjawab pertanyaan,” bebernya.

Harapannya, keempat tim ini bisa berhasil. Masih ada cukup waktu sampai akhir Juli untuk menyempurnakan penelitian.

“Sehingga mudah-mudahan keempatnya memang bisa terus maju sampai di Pimnas di bulan Agustus,” Pungkasnya.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply