Fatayat Kabupaten Malang Siap Dukung Program Penurunan AKI/AKB

PolitikaMalang – Salah satu masalah kesehatan di Kabupaten Malang yang turut menjadi perhatian PC Fatayat Kabupaten Malang adalah Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Menurut Nur Mutiah, Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Malang, hal tersebut masih perlu mendapatkan pemikiran dan kerja kolaborasi lintas stakeholder, lintas sector maupun lintas program, tidak bisa urusan upaya penurunan AKI/AKB hanya menjadi perhatian pemerintah saja. Demikian disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Upaya Penurunan AKI/AKB di Gedung serba guna NU Kepanjen yang dihadiri sekitar ratusan peserta baik dari jajaran pengurus tingkat cabang maupun tingkat anak cabang (18/08/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Fatayat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagi Jajaran Pimpinan Fatayat NU baik tingkat kabupaten maupun kecamatan dan nanti diharapkan dapat terus dsosialisasikan kepada pimpinan ranting dan kader kesehatan Fatayat NU.

Mutiah menambahkan, paling tidak ada 3 target tujuan. Pertama, meningkatkan pemahaman kepada kader tentang pentingnya penurunan AKI/AKB. Kedua, meningkakan penggunaan buku KIA sebagai kontrol terhadap kesehatan ibu hamil. Ketiga, mendorong kader agar turut berperan sebagai pengawas dan pendamping kehaian yang terjadi di sekitar tempat tinggal.

Turut hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi yaitu Mohamad Iksan, Senior Regional Officer dari Program Jalin Jawa Timur. Sebagai penutup kegiatan, dibagikan media edukasi berupa brosur tentang pencegahan AKI/AKB.

Baca Juga :   Pjs. Bupati Malang Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke 75 Jawa Timur

Leave a Reply