Gandeng Kementrian Agraria dan Tata Ruang, ITN Malang Gembleng Alumni

PolitikaMalang – Guna menambah pemahaman dan ilmu kepada mahasiswa maupun masyarakat, khususnya yang berkenaan dengan penyimpangan tata ruang.

Sebagai salah satu kampus yang memiliki jurusan Planologi ini, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, menggelar kuliah tamu khusus terkait dengan masalah tata ruang, menggandeng kementrian agraria dan tata ruang.

Menurut Rektor ITN Malang, Lalu Mulyadi, pemateri yang diundang adalah Direktur Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Wisnubroto Sarosa

“Jadi kami mengundang dari Kementerian untuk memberikan kontribusi khusus kepada alumni dan mahasiswa kami sendiri sehingga membuka wawasan mereka,” kata Lalu Wibisono kepada wartawan Jum’at lalu (7/12/2018) di kampus 2 ITN.

Sementara itu, Direktur Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Wisnubroto Sarosa menyampaikan, kementrian memiliki program-program yang beririsan dengan perguruan tinggi. Sehingga upaya yang dilakukan oleh ITN sangat diapresiasi das n tepat sekali .

“Jadi memang ada program untuk berinteraksi dengan akademik dalam hal ini perguruan tinggi,” kata Wisnubroto Sarosa.

Dalam kuliah tamu tersebut lanjut Wisnu, ia akan berbicara mengenai pentingnya kolaborasi antara perencanaan dan pengendalian. Karena dalam Undang-undang 26 tahun 2007, terdapat 3 proses dalam penataan ruang yakni perencanaan, pemanfaatan, dan juga pengendalian.

“Selama ini orang selalu berpikir soal perencanaan saja, pengendalian ini masih sangat sedikit,” katanya .

Tatkala ketiga komponen tersebut berjalan bersamaan maka pertanyaan masyarakat terkait tata ruang yang berantakan, meski telah ada perencanaan dapat terhindarkan.

“Itu sebenarnya masalah di pengendalian. Sehingga yang kita pikirkan adalah bagaimana perencanaan dan pengendalian itu bisa menyatu. Jadi saat merencanakan kita juga berpikir tentang pengendalian,” tandasnya

Oleh karenanya ia berharap, dengan adanya kuliah tamu yang diberikan kepada mahasiswa Planologi ITN Malang dapat mendapatkan feedback yang positif baik dari mahasiswa maupun dari perguruan tinggi, “Semoga wawasan ini dapat dimanfaatkan mahasiswa ITN sebagai feedback yang pisitif,” pungkasnya.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply