Gandeng Ralali, Kemendag RI Latih UMKM Kota Malang

POLITIKA MALANG – Kota Malang yang terkenal dengan Kota Wisata, Kita Kuliner dan Pendidikan di menjadi rujukan pelatihan pelatihan UMKM.

Seperti Rabu (19/06/2019) di salah satu Hotel Jl Kawi Malang

Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI bekerjasama dengan perusahaan B2B, Ralali.com, melatih pelaku UMKM Kota Malang.

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag RI Marolop Nainggolan, mengatakan saat ini UMKM di Indonesia masih membutuhkan pendampingan dan kepastian pasar agar mampu berkembang dan harapannya mampu bersaing dengan Negara lain.

“Pelatihan ini merupakan salah satu pendampingan agar UMKM ini siap dalam persaingan global,” kata Marolop.

Marolop mengatakan pihaknya juga akan mengajak pelaku UMKM di Indonesia untuk memaksimalkan platform e-commerce untuk meningkatkan ekspor. Sebab, target tahun ini ekspor mencapai 7 persen dibanding tahun sebelumnya.

“Agar produk laku untuk ekspor, pelaku UMKM harus paham cara melakukan foto produk hingga penulisan deskripsi, agar bisa menarik pembeli,” katanya.

Selain itu, Marolop juga menilai pelaku UMKM saat ini juga dituntut kreatif dan inovatif. Sebab, pasar ingin mencari sesuatu yang baru dan produk tersebut bisa menembus pasar internasional.

Community and Government Relation Manager Ralali.com, Zebedeus Rizal Hantoro, menyampaikan pelatihan bersama dengan Kemendag RI akan memperkenalkan dunia digital untuk pelaku UMKM.

Ada beberapa tips dan trik yang akan disampaikan agar produk UMKM bisa ekspor ke luar negeri.

“Selama dua hari ini, kami akan memperkenalkan secara general e- commerce tips and trik. Mulai teknik foto, deskripsi produk, dan kemasan produk secara detail,” tambahnya.

Rizal menyampaikan program Kemendag RI bersama Ralali.com ini akan menargetkan 1 juta pelaku UMKM dapat ekspor dan melakukan bisnis secara online. Sedangkan untuk Kota Malang, kegiatan inovatif ini diharapkan mampu membantu 99.213 UMKM di Kota Malang.

Baca Juga :   Poker, IT, Alcohol-based drinks Challenges Filled With Japan

“Sebagai komitmen mendukung UKM di Kota Malang dalam meningkatkan daya saing bisnis melalui teknologi Ralali.com akan melakukanpelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan,” pungkas Rizal Hantoro (*)

Pewarta: Djoko Winahyu

Leave a Reply