Gandeng UB Tingkatkan Agrikultur, Japfa Foundation Salurkan Beasiswa

PolitikaMalang – Sebagai bentuk komitmen terhadap peningkatan sumber daya manusia di sektor pendidikan khususnya pendidikan agrikultur, JAPFA Foundation bekerjasama dengan Fakultas Peternakan dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya memberikan program beasiswa sarjana peternakan, sarjana perikanan dan Ilmu kelautan.

Komitmen ini diwujudkan dengan diadakannya Kegiatan Penandatanganan Nota Kesepahaman Pengembangan Pendidikan Melalui Program Beasiswa Sarjana Peternakan antara Fakultas Pertanian dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya bersama JAPFA Foundation pada Selasa, 24 September 2018, bertempat di Ruang Jamuan Rektorat, Universitas Brawijaya.

“Melalui program beasiswa ini diharapkan para generasi muda dapat berprestasi di sektor peternakan, dan perikanan Indonesia,” ujar Andi Prasetyo, Head of JAPFA Foundation.

“Selain itu, Mereka juga diharapkan dapat menyelesaikan pendidikannya dan dapat mengabdikan pengalaman dan keterampilan yang di dapat selama duduk di bangku kuliah kepada masyarakat,” lanjutnya.

Kegiatan penandatanganan ini melibatkan Rektorat Universitas Brawijaya, Dekanat Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Dekanat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan JAPFA Foundation, perwakilan dari PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA Unit Banjarmasin, PT. Ciomas Adisatwa, PT.

Suri Tani Pemuka, PT Austasia, PT Santosa Agrindo), serta perwakilan SMKN 01 Plosoklaten, serta perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Guna memajukan sektor agrikultur, tentu dibutuhkan SDM yang berkualitas. Program ini ditujukan untuk mendorong semangat siswa sehingga nantinya tercetak sarjana peternakan, perikanan dan kelautan yang unggul,” imbuh Andi.

Adapun untuk proses seleksi yang akan dilalui oleh peserta ialah berupa seleksi administrasi seperti pengumpulan berkas persyaratan dan seleksi wawancara di mana setiap kandidat akan dinilai dari beberapa poin yaitu poin integritas, motivasi, kepemimpinan, kreatifitas, komunikasi, dan karakter-karakter yang positif lainnya.

Baca Juga :   Walikota Malang: Sampaikan Aspirasi Dengan Cara Yang Baik

Dalam pelaksanaan beasiswa ini, komponen beasiswa yang akan didapatkan oleh penerima beasiswa berupa tunjangan langsung dan tidak langsung. Untuk tunjangan langsung berupa uang saku, tunjangan penelitian dan skripsi, sedangkan untuk tunjangan tidak langsung ialah berupa penerima tunjangan pendidikan semester, kegiatan sosial, bimbingan karier, bimbingan akademik serta kursus bahasa Inggris.

Disisi lain Rachmat Indrajaya, selaku Direktur Corporate Affairs PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk menjelaskan,durasi program beasiswa sarjana peternakan ini akan berjalan selama 1 semester dan dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan penilaian dari Japfa Foundation dan dari pihak Universitas Brawijaya. “Program beasiswa ini diharapkan mampu memberikan semangat bagi generasi muda untuk terus berprestasi dalam sektor agribisnis di Indonesia,“ pungkas Rachmat.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu.

Leave a Reply