Gerak Jalan Malang Kota Pejuang, Susur 11 Situs Perjuangan

PolitikaMalang – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang menggelar gerak jalan bertajuk ‘Malang Kota Pejuang’,hari ini , Sabtu (8/12/2018) start dari Bumi Perkemahan Wonokoyo menempuk jarak 20 km.

Kegitan yang sekaligus merupakan peringatan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November lalu ini di berangkatkan Walikota Malang Sutiaji.

Sebelumnya, Jum’at sore (7/12/208) di gelar konferensi pers oleh 4 narasumber diantaranya Mukhamad Hermanto dari Kwartir Cabang Pramuka Kota Malang, Drs. Sudigdo Hidayat, dr IARMI Kota Malang, Arief Kurniawan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Malang,
M. Nur Hasan Rois dari Es Teh Anget, serta
Yusda Asmorokandi, Koordinator Acara dari KNPI Kota Malang.

Perwakilan dari komunitas Es Teh Anget, M Nur Hasan Rois mengatakan gerak jalan ini bertujuan untuk mengangkat kembali jejak-jejak perjuangan para pejuang yang mungkin sudah mulai terlupakan.

“Berbeda dengan pahlawan, pejuang adalah mereka yang ikut berjuang mempertahankan Indonesia pada masa penjajahan. Itulah pejuang,” katanya, Jumat (7/12/2018).

Ia menyebutkan para pejuang ini banyak yang belum diangkat sebagai pahlawan oleh pemerintah. Namun, yang terpenting adalah untuk membuat Malang Kota Pejuang dengan kembali mengenalkan sejarah perjuangan.

“Kami ingin kegiatan ini menjadi sebuah landasan agar hal-hal sejarah di Malang ini menjadi tanggung jawab bersama, guna mengetahui peradaban yang ada di Malang,” tambah perwakilan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia, Drs. Sudigdo Hidayat.

Sebagai informasi dalam kegiatan ini, para peserta akan menempuh jarak sejauh 20 km yang akan dimulai dari bumi Perkemahan Wonokoyo, kemudian berjalan melewati 11 monumen bersejarah yang ada di kota Malang dan berakhir di stadion Gajayana.

Gerak jalan Malang Kota Pejuang ini ditargetkan akan diikuti oleh lebih dari 700 perserta dari berbagai kalangan usia dan pemuda dari berbagai daerah di Indonesia, serta diikuti berbagai komunitas dan melibatkan pelajar serta Pramuka.

Baca Juga :   E - Commerce Antar Kota Malang Raih Indonesia Award 2020

Gerak jalan 12 jam ini akan menempuh jarak kurang lebih 20 km . Peserta yang masuk finish di Stadion luar Gajayana kurang dari jam 4 sore, itu yang akan masuk penilaian panitia dan akan ditentukan pemenangnya, baik untuk peserta perorangan maupun beregu.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply