Gubernur Jatim Kunjungi Kampung Tangguh Sitirejo Wagir

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M bersama Kapolres Malang dan Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu menyambut kedatangan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa ke Kampung Tangguh Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Rabu (27/5) sore. Bu Gubernur datang bersama rombongan diantaranya Kapolda Jawa Timur dan Pangdam V Brawijaya serta sejumlah jajaran di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Setiba di Balai Desa Sitirejo, Gubernur melalukan peninjauan sejumlah program dalam penerapan Kampung Tangguh desa setempat, diantaranya keberadaan perlengkapan APD, lumbung pangan, dan mendengarkan paparan kampung tangguh oleh Ketua Satgas Kampung Tangguh Sitirejo, Mudjiono. Gubernur memuji keberadaan kampung tangguh yang dijalankan dengan basis mengusung kebersamaan dan kegotong-royongan seluruh lapisan masyarakat yang ada di desa setempat.

”Kampung Tangguh ini merupakan modal sosial atau Social Capital yang berbasis pada kegotong-royongan, kekerabatan dan solidaritas di lini paling bawah. Menjadi perekat saling menjaga, mengawal dan memproteksi yang memiliki kekuatan luar biasa. Menyampaikan terima kasih inisiasi Bupati Malang, Camat Wagir, Kepala Desa Sitirejo, dan relawan yang luar biasa,” terang Gubernur saat diwawancarai awak media sebelum meninggalkan lokasi kegiatan.

Gubernur berharap, Kampung Tangguh ini akan tetap terjaga tidak hanya satu dua tiga hari ini sebab solidaritas antar warga di lini paling bawah menjadi modal sosial yang kuat dan luar biasa. Sementara itu, beliau juga menyampaikan, bahwa beberapa hari yang lalu, pihaknya menggelar rakor secara virtual bersama Kapolda dan Pangdam. Beliau menerima arahan dari keduanya bahwa Babinsa dan Babhinkamtibmas tidak dibenarkan meninggalkan desanya. Hal ini diakuinya menjadi bagian sangat penting dalam penguatan di lini paling bawah di tingkat desa.

Baca Juga :   Pjs. Bupati Malang Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke 75 Jawa Timur

”Kepala desa juga demikian sehingga trisula ini akan semakin kuat. Berlanjut penguatan di tingkat atasnya. Selain itu, Malang Raya bersama-sama bisa menjalankan PSBB ini dengan sangat baik. Menurut hitungan masa pelaksanaan akan berakhir 30 Mei. Setelah ini, baru akan melakukan rapat membahas terkait kemungkinan menuju penerapan masa transisi ke New Normal Life, dan rapat optimasi dari proses pelaksanaan PSBB,” jelas Gubernur.

Terpisah, Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M dalam kesempatan melaporkan kepada Gubernur bahwa di Kabupaten Malang sudah ada 300 Kampung Tangguh dari 390 desa kelurahan se Kabupaten Malang. Hari Jumat nanti, Pemkab akan mengundang seluruh Muspika dari 33 kecamatan untuk mendapat edukasi dan arahan terkait Kampung Tangguh di Pendopo Kabupaten Malang. Dengan harapan, apabila nanti setelah pemerintah menetapkan relaksasi, seluruh desa dan kelurahan sudah terbiasa dan memiliki protab untuk menyelamatkan diri dari serangan atau penularan Covid-19 sehingga sesuatu yang dibutuhkan untuk protab Kampung Tangguh, ditargetkan semuanya sudah memenuhi seperti yang ada di Desa Sitirejo ini.

Harapannya ke depan bila PSBB ini berakhir, mereka sudah bisa menjalankan PSBB secara mandiri dan segala kebutuhannya seluruh desa dapat terpenuhi masing-masing dari kampung tangguh. Termasuk dari bantuan dan dukungan dari Gubernur, Pemprov Jatim, Pangdam V Brawijaya, dan Kapolda. Tujuannya, mendidik masyarakat supaya masyarakat ini mampu melaksanakan pencegahan terhadap Covid-19 antara lain selalu memakai masker, hand sanitizer, menjaga jarak dan menjauhi penularan. kampung tangguh ini menjaga stabilitas ekonomi masyarakat, kebutuhan pangan tersedia, menjaga harmonisasi, mencegah kriminalisasi di desa dengan gotong royong melaksanakan siskamling.

”Bila terjadi hal yang tidak diinginkan dan hal terburuk sehingga masyarakat akan menerimanya. Sehingga mereka sudah terdidik terutama ketika nanti telah diterapkan New Normal Live karena seluruh desa dan kelurahan sudah disiapkan dan diedukasi menjadi Kampung Tangguh seperti di Sitirejo ini. Semoga segera selesai Covid-19 ini,” pungkas Abah Sanusi saat diwawancarai awak media. 

Leave a Reply