Gubernur Jatim Resmikan TMMD Ke-105 Kodim 0825/Banyuwangi

Politikamalang – Hari ini Kamis (11/07/ 2019) kembali TNI menggelar TMMD dan kali ini dibuka di Kec. Genteng Kab. Banyuwangi ditandai dengan pelepasan Balon dan Burung Merpati.

Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)ke-105 yang akan dilaksanakan selama 30 hari di kec. Genteng Kab. Banyuwangi, tepatnya di ds. Bangsring dan ds. Stail ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Kofifah Indar Parawangsa di dampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Wisnoe P. B. dan Wakapolda Jatim.

Diketahui mulai hari ini TMMD dibuka secara serentak di seluruh Indonesia.

Dalam amanatnya, gubernur menyampaikan bahwa jatim sendiri melaksanakan TMMD Ke 105 ini di lima (5) lokasi, antara lain Kab. Banyuwangi, Kab. Blitar, Kab Bojonegoro, trengalek dan Kab. Sampang.

TMMD merupakan pengejawantahan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan ini merupakan wujud pengabdian TNI kepada Rakyat.

TMMD merupakan program lintas sektoral artinya program tersebut dilaksanakan secara sinergis yang kuat, secara bersama-sama antara TNI bersama Pemerintah, antara lain Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten dalam rangka memperluas dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat”, imbuh Kofifah.

Senada dengan Gubernur, Pangdam V/Brawijaya juga menyampaikan bahwa dengan adanya program TMMD ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi percepatan pencapaian target pembangunan melalui pemberdayaan ekonomi daerah, meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menurunkan kemiskinan dengan menempatkan desa sebagai subyek pembangunan, dimana desa bersama perangkatnya termasuk Babinsa, Babinkamtibmas dapat merencanakan sendiri, melaksanakan sendiri dengan memberdayakan masyarakat diwilayahnya.

Ada beberapa sasaran pembangunan dalam TMMD ini, antara lain berupa sasaran fisik dan Non fisik.

Sasaran fisik berupa pelebaran jalan, pengerasan jalan, pelebaran jembatan, pembangunan plat dekker dan membangun jembatan baru, termasuk sasaran tambahan antara lain membangun 20 rumah warga tidak layak huni.

Baca Juga :   Poker, IT, Alcohol-based drinks Challenges Filled With Japan

Selain itu juga merehab mushola, pembuatan MCK, dan pembuatan Pos Kampling.

Sedang sasaran Non fisik adalah berupa penyuluhan KB- Kes, penyuluhan tentang Bencana Alam dan penyuluhan – penyuluhan yang melibatkan stake holder yang ada diwilayah misalnya BNN terkait dengan bahaya penyalahgunaan Narkoba, penyuluhan kesehatan, dan hari ini TMMD ke 105 secara resmi telah dibuka langsung oleh Gubernur, ungkap Alumnus Akmil 86 tersebut. (*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply