Gus Ali Keluar Gelanggang Pilkada, Sanusi ‘Pede’ Bakal Diusung PKB

PolitikaMalang – Jelang akhir tahun, arah politik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang menghadapi pilkada 2020 tampaknya semakin jelas. Calon Bupati dari PKB kemungkinan besar bakal diisi oleh Bupati Malang saat ini, H.M. Sanusi untuk bertarung memerebutkan kursi Bupati Malang pada 2020 mendatang.

Pasalnya, rekomendasi PKB yang lainnya, yakni Ketua DPC PKB Malang, Ali Ahmad mengaku sedang fokus untuk kerjanya di DPR RI komisi XI sampai lima tahun mendatang.

“Kan ada dua rekomendasinya, saya sama Gus Ali (Ali Ahmad). Tapi Gus Ali gak mau ninggal DPR. Jadi tinggal satu kan? Ya saya akan maju lagi,” tuturnya seusai peresmian gedung Layanan Terpadu Satu Atap Pekerja Migran Indonesia Kabupaten Malang di Block Office Kepanjen, Kamis (26/12).

Saat disinggung kapan DPP PKB bakal memunculkan nama resmi Sanusi sebagai Cabup dari PKB, alumnus UIN Malang ini mengaku bakal difloorkan ke publik secepatnya.

“Ya nanti secepatnya pekan depan bisa insyallah,” tuturnya singkat.

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI, Ali Ahmad juga membuka suara terkait pencalonannya sebagai calon Bupati Malang di Pilbup 2020 mendatang. Gus Ali, sapaan akrabnya yang digadang-gadang bakal maju melalui partainya PKB menjelaskan sampai saat ini ia sedang fokus untuk bekerja sebagai anggota DPR RI.

“Kalau sampai saat ini saya masih fokus kerja lima tahun mendatang di DPR RI jadi. Kan yang direkomendasikan oleh DPP PKB itu ada dua, saya dan pak Sanusi (Bupati Malang) saat ini,” tutur Ketua DPC Kabupaten Malang.

Saat disinggung kesiapannya jika sewaktu-waktu ditunjuk sebagai Cabup Malang, ia tidak menjawab dengan pasti. Namun ia menegaskan bahwa dirinya menghormati amanah rakyat yang diriripkan padanya pada pemilu 2019 lalu.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

“Ya kalau siap saya tidak siap hari ini karena fokus ke DPR RI. Tapi kalau DPP menunjuk saya pasti DPP (PKB) pahamlah kalau saya lebih konsentrasi ke DPR,” paparnya saat menghadiri acara Disperindag di Bojana Puri, Kepanjen (26/12)

Ia juga menjelaskan, PKB saat ini tengah melakukan penjajakan koalisi dengan Gerindra, PDIP hingga Nasdem untuk menghadapi Pilbup 2020.

“Saya sudah bicara sama teman saya di DPR. Ada Gerindra. Kita sudah bicarakan tentang koalisi. Terus ada Nasdem dan PDIP kami juga sudah bicara tapi tidak tahu ya politik kan dinamis apapun bisa terjadi,” pungkasnya.

Dengan demikian, jika Gus Ali sudah menhatakan keluar gelanggang pilkada, Sanusi menjadi satu – satunya calon kuat yang kemungkinan akan kembali diusung oleh PKB menjadi calon Bupati Malang 2020 mendatang.

Leave a Reply