Hadiri Rapimnas PII, Menteri PUPR Tekankan Pentingnya Kualitas SDM

PolitikaMalang – Percepatan pembangunan yang diharapkan akan memicu pemerataan dan peningkatan kesejahteraan diwujudkan oleh Presiden Joko Widodo melalui berbagai pembangunan infrastuktur fisik di berbagai wilayah Indonesia.

Di samping terus mengerjakan infrastruktur fisik, penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk mendukung pengerjaan infrastruktur dan pembangunan diharapkan juga dikerjakan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia Basuki Hadimuljono dalam sambutannya saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Universitas Brawijaya yang di gelar dua hari ini, 1- 2 Juni 2018.

Menurut Basuki Hadimuljono, penyediaan Sumber Daya Manusia khususnya insinyur sangatlah dibutuhkan guna menyukseskan jalannya program pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah di berbagai wilayah di Indonesia saat ini.

“Indonesia sekarang ini sedang melaksanakan pembangunan infrastruktur nasional sehingga dibutuhkan banyak tenaga kerja ahli, tentunya yang berkualitas,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Terkait dengan hal tersebut, penguatan SDM para insinyur yang banyak terlibat dalam pembangunan nasional itu sudah harus dilakukan dimana peran perguruan tinggi sangatlah dibutuhkan untuk penguatan tersebut.

Basuki Hadimuljono berharap terhadap PII yakni untuk ,
1. Meningkatkan Inovasi di Bidang Keteknikan.
2. merumuskan tanggung jawab dan kewenangan masing masing jenjang insinyur Profesional ,pratama,madya. dan utama
3. kemudian merumuskan Kompetensi masing masing Jenjang jenjang insinyur Profesional ,
Merancang dan mengimplementasikan system CPD bidang keinsinyuran ,
4. memberikan masukan kepada Pemerintah terkait dengan Praktek Keinsinyuran .

Sementara itu, Ahmad Hermanto, Ketua PPI menyatakan, organisasinya siap memberikan kontribusi terbaiknya. Bahkan, pihaknya akan melakukan sertifikasi terhadap para insinyur. “Terkait dengan kesiapan SDM keinsiyuran, tentu hal itu tugas kami. Anggota kami siap memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa ini. Untuk menguji itu, kami lakukan sertifikasi profesi,” katanya.(*)

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

 

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply