Hakim: Pelaku UMKM Harus Ketahui IUKM

PolitikaMalang – Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus menjadi perhatian Ketua DPRD Kota Malang, Abdul Hakim. Meningkatkan ekonomi kerakyatan tak lain harus menggerakkan sektor ekonomi riil dengan pelaku langsung dari masyarakat.

Salah satu upaya dalam menggerakkan UMKM adalah dengan menanamkan pemahaman secara baik kepada masyarakat khususnya pelaku industri tersebut akan pentingnya Izin Usaha Kecil Mikro (IUKM).

Alasannya, karena IUKM merupakan salah satu modal awal yang wajib dimiliki dengan tujuan memuluskan usaha UMKM baik dalam masalah permodalan, pendistribusian dan sebagainya.

“Pada saat agenda Rakornas PDI Perjuangan ada Workshop yang diisi langsung Menteri Koperasi dan UMKM membahas tuntas permasalahan IUKM,” kata Abdul Hakim, Sabtu (16/12).

Hakim menjelaskan, berdasarkan Perpres No 98 Tahun 2014, IUMK adalah tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha tertentu dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil. Izin itu nantinya bermanfaat bagi pelaku usaha kecil dan mikro dalam hal memberikan kepastian dan perlindungan dalam menggerakkan usahanya, mendapatkan pendampingan usaha, mempermudah akses pembiayaan ke lembaga keuangan baik bank maupun non bank serta mendapat kemudahan dalam pemberdayaan baik pemda maupun pemerintah pusat.

“Dengan memiliki IUMK para pelaku ekonomi paling tdk memiliki akses ke lembaga pendanaan dan memperluas jaringan usaha mereka,” tandasnya.

Hakim memaparkan berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, dari 514 Kota dan Kabupaten seluruh Indonesia, saat ini penerbitan Peraturan Bupati dan Wali Kota dalam hal IUKM ini sudah membaik. Sebanyak 290 kota/kabupaten memiliki peraturan kepala daerah sedangkan sisanya masih belum memiliki.

“IUKM ini memiliki tiga prinsip yakni prosedur sederhana mudah cepat, kedua yakni keterbukaan informasi serta ketiga kepastian hukum dan kenyamanan dalam usaha,” terangnya.

Baca Juga :   Wawali Malang Sofyan Edi Antusias Amati Uji KIR

Karena itu untuk di Kota Malang, Abdul Hakim yang baru saja mendapatkan penghargaan dari smesco Indonesia dalam bidang UKM, terus mendorong Pemkot Malang agar lebih mengintensifkan sosialisasi tentang pentingnya IUMK kepada masyarakat.

Sebab, kata Hakim, jika masyarakat minim literasi akan pentingnya IUMK, maka pelaku usaha kecil akan menghadapi berbagai kendala termasuk di dalamnya persoalan izin, pembiayaan hingga pendampingan dan distribusi.

“Saya selaku Ketua DPRD akan terus bagaimana upaya mendorong Pemkot Malang utamanya OPD terkait agar bisa menggerakkan sektor ekonomi ini dengan baik. Sebab selama ini UMKM selalu terbukti mampu bertahan meskipun negara sedang mengalami krisi ekonomi,” tuturnya.

Leave a Reply