Hasan Abadi Dorong Adanya Ruang Apresiasi Untuk Seniman

PolitikaMalang – Kebutuhan ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Malang masih cukup tinggi. Terutama kawasan hijau yang memiliki fungsi rekreatif.

Melihat hal tersebut, Rektor Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Kepanjen, Hasan Abadi menyebut bahwa pemerintah perlu memperbanyak RTH atau taman di 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Bukan sekedar RTH kata Hasan, tentunya taman – taman itu harus diintegrasikan dengan fasilitas publik sebagai penunjangnya.

“Selain menjadi wahana rekreasi masyarakat, dan tempat bersosialisasi, taman – taman tersebut harus dikonsep sedemikian rupa agar punya ciri khas masing-masing. Misalnya di Taman A dilengkapi dengan area bermain ramah anak, di Taman B untuk olahraga dsb,” tandasnya

Disamping itu, taman tersebut juga bisa digunakan menjadi ruang ekspresi bagi seniman Kabupaten Malang. Keberadaan ruang ekspresi tersebut, menurut Hasan, akan menjadi bentuk apresiasi tersendiri bagi para seniman. Ia melihat, potensi seniman lokal di Kabupaten Malang luar biasa.

“Pemerintah harus bisa membukakan ruang ekspresi bagi mereka (Seniman.red), untuk mengembangkan bakat dan potensi yang luar biasa dalam berkarya. Karena sejauh ini ruang apresiasi bagi mereka sangat minim,” ungkapnya

Tentunya, lanjut pria asal Wajak ini, nantinya harus dikoordinasikan dengan Dinas Pariwisata agar juga menjadi ikon Kabupaten Malang dan mampu menarik wisatawan.

“Misalnya dibuat even mingguan atau bulanan di tempat tersebut, ” cetus Ketua LP Ma’arif Kabupaten Malang ini.

Sehingga keberadaan RTH mampu menarik semua kalangan masyarakat, sekaligus wahana mengenalkan dan melestarikan kesenian dan budaya daerah.

“Ini dapat mendorong dan membangkitkan gairah para seniman di Kabupaten Malang serta menjadi tempat pelestarian kesenian dan kebudayaan lokal,” pungkasnya

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

Leave a Reply