Hasta Komunika Apresiasi Banyak Kaum Muda Berani Nyaleg

PolitikaMalang – Tahapan pendaftaran calon anggota legislatif sudah di mulai. Sejak tanggal 4 hingga 17 Juli besok, semua partai politik secara resmi akan mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU. Di kota Malang, setiap parpol akan mendaftarkan 45 bacalegnya dari lima dapil yang ada yaitu Sukun, Lowokwaru, Klojen, Kedungkandang dan Blimbing.

Merespon hal itu, Direktur Hasta Komunika research & consulting, Muhammad Anas Muttaqin memberi catatan khusus. Ia mengapresiasi banyaknya bacaleg muda yang mendaftar dari berbagai parpol.

“Fenomena yang menarik, saya melihat banyak kaum muda yang berani mendaftar sebagai caleg, ini patut diapresiasi” ungkapnya.

Menurut Anas, hal tersebut menunjukkan bahwa kesadaran berpolitik anak muda di kota Malang cukup bagus. Tingginya partisipasi generasi muda di politik juga membuktikan bahwa edukasi politik berjalan baik.

“Ditengah citra legislator di Kota Malang yang saat ini ambruk akibat kasus korupsi, para caleg muda seolah memberi harapan baru” tambahnya.

Anas juga mengingatkan bahwa kali ini peluang para caleg muda untuk terpilih cukup terbuka lebar karena prosentase pemilih dibawah umur 40 tahun cukup besar di pemilu nanti. Ia berharap para caleg muda ini tidak hanya sekedar sebagai penggembira namun bisa bersaing dan terpilih. Untuk itu parpol perlu memberi ruang dan memberikan posisi yang strategis.

Pria yang berprofesi sebagai konsultan ini juga berharap bahwa para caleg muda bisa berjuang secara maksimal dan menjawab tantangan dinamika politik yang akan berjalan nanti. Walau minim pengalaman, Anas juga melihat para caleg muda lebih menjanjikan jika diberi kesempatan karena lebih progresif dan inovatif sehingga menjadi tawaran baru bagi masyarakat untuk memilih wakil yang tepat. Ia menilai, Kehadiran para legislator muda nantinya akan sangat mewarnai dan merubah kinerja DPRD yang selama ini sering jadi sorotan negatif.

Baca Juga :   Mutasi Besar Diawal Tahun, Sutiaji Lantik 31 Pejabat di Pemkot Malang

“Mari bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa saatnya memilih figur-figur terbaik yang memang berkualitas untuk menjadi wakil kita” pungkasnya.

Leave a Reply