Helat Gema Desa, Wakil Bupati Malang Ikut Tanam Pohon di Lembah Bidadari

Politikamalang – Mahasiswa UMM kKN di Pandanrejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang.
Mereka mendapat kesempatan untuk turut andil dalam kegiatan Gema Desa, Rabu (16/1/2019).

Gema Desa sendiri diambil dari kata “Gerakan Membangun Desa”. Wakil Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi MM bersama istri Hj. Anis Zaida juga mengunjungi beberapa desa yang ada di Kecamatan Pagak.

“Gema Desa bertujuan memacu pertumbuhan ekonomi dalam upaya menurunkan angka kemiskinan melalui optimalisasi potensi pariwisata, dan peningkatan daya dukung lingkungan hidup,” kata M. Sholaudin, koordinator kelompok.

Acara ini tidak hanya dihadiri wakil Bupati Malang saja, tetapi juga di hadiri oleh beberapa staff Pemerintahan Kabupaten Malang antara lain DPRD, Camat Pagak, Dandim, dan Lurah Desa Pandanrejo.

“Setiap Desa memiliki kelebihan sendiri untuk bisa dikembangkan, maka dari itu, bersama pemerintah, warga desa dan mahasiswa, kita ingin mendukung dan mengajak masyarakat untuk membangun desa bersama,” tutur Sholaudin.

Kegiatan yang diadakan di Desa Pandanrejo antara lain kunjungan wakil Bupati Malang ke tempat produksi emping melinjo, pertunjukan kesenian khas Malang, dan penanaman pohon oleh wakil Bupati Malang.

Emping melinjo menjadi salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang di unggulkan di Desa ini. Kesenian yang disuguhkan adalah Reog Ponorogo dan Jaran Kepang Sekar Singo Budhoyo (SSB).

Tujuannya, selain untuk mengisi acara, juga untuk memperkenalkan seni khas Desa Pandanrejo yang dipimpin oleh Anang Setya Aji.

Anang adalah warga asli Desa Pandanrejo, dan merupakan ketua dari sanggar Sekar Singo Budhoyo.

“Penanaman pohon bertujuan meningkatkan kesadaran warga untuk lebih menjaga lingkungan dan memperkenalkan pariwisata di Desa Pandanrejo yaitu Lembah Bidadari,” tutup Anang di sela acara. (*)

Baca Juga :   How To assist you to Success Found at Roulette

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply