Ikhtiar Batin Hadapi Covid-19, Unisma Gelar Doa Bersama

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. HM Sanusi MM, menghadiri kegiatan Istighotsah dan Doa Bersama, yang diselenggarakan Universitas Islam Malang. Kegiatan bertema ” Mengetuk Pintu Langit, Menggapai Lailatul Qadar di Era Wabah Covid-19 untuk Keselamatan Bangsa ” ini ditempatkan di Auditorium Prof. KH. Mohammad Tholchah Hasan Gedung Bundar Al Asyari Universitas Islam Malang, Jumat (15/5) malam. 

Acara istighosah dan doa bersama ini menghadirkan Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA. Beliau didaulat menjadi pembicara lewat platform online. Untuk pembacaan Istigosah, dipimpin oleh KH Marzuki Mustamar (Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah NU Jawa Timur). Lantaran digelar di tengah wabah korona, acara kali ini tidak terbuka untuk umum. Namun, masyarakat umum tetap bisa mengikuti jalannya acara melalui streaming.

Acara doa bersama dan istighosah tersebut diawali dengan sholat isya dan taraweh bersama, kemudian jamaah doa dan istighosah bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars NU, Ya Lal Wathon. Abah Sanusi, sapaan khas Bupati Malang meminta agar para tamu yang hadir saling berdoa dengan tujuan agar wabah Covid-19 segera diangkat. “Acara ini adalah hasil diskusi dari para tokoh NU. Saya berharap kita bisa berdoa bersama agar wabah Covid-19 segera diangkat,” ujarnya.

Pak Sanusi juga menghimbau kepada masyarakat, di bulan ramadan ini untuk tetap menjaga diri, dengan menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan dan physical disctancing. ” Tetap menjaga physical distancing. Tidak terlalu banyak keluar rumah, makanan tetap dijaga, dan ibadah tetap khusyuk dengan menghindari bepergian keluar terutamanya pada daerah yang telah ditetapkan sebagai zona merah. Tujuannya agar dapat mencegah persebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Malang.” imbuhnya

Baca Juga :   Sambangi Ngajum, Bu Nyai Paparkan Program Pemberdayaan Masyarakat

Sementara itu, Rektor Unisma Malang sebagai tuan rumah, mengatakan bahwa acara istighosah ini digelar dalam rangka berdoa bersama memohon agar pandemi Covid-19 segera berakhir. “Istighosah ini untuk mengingatkan masyarakat bahwa Covid-19 ini adalah bagian dari ujian bangsa dan negara, wabah ini harus dijadikan bahan ikhtiar dan introspeksi diri. Semua umat sabar karena corona adalah ujian yang diturunkan oleh Allah dengan suatu tujuan. Tuhan meminta manusia untuk introspeksi terhadap gaya dan pola hidup manusia”, ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Drs. Gatot Subroto, ketua Tanfidiyah PWNU Jawa Timur KH Marzuqi Mustamar, Rektor Unisma Prof Dr H Masykuri MSi, Ketua MUI sekaligus Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Malang KH Fadhol Hija, ketua PCNU Kota Malang KH Isrokun Najah, terlihat pula hadir Prof. Masud said, dan Forkopimda Tiga Daerah serta beberapa Ulama Se-Malang Raya juga ikut hadir. 

Leave a Reply