“Indonesia dalam Genggaman Pemuda”

PolitikaMalang – Anggota DPRD Kota Malang, Choeroel Anwar, memaparkan peran pemuda dalam pembangunan di Indonesia. Menurutnya, pemuda memiliki energi dan potensi yang besar untuk berpartisipasi dalam pembangunan, karena itu peran mereka harus dioptimalkan dengan baik.

“Indonesia dalam genggaman pemuda adalah hal yang cukup relevan untuk saat ini,” kata Choeroel Anwar saat menyampaikan materi dalam Seminar Kepemudaan yang digelar Ikatan Mahasiswa Kanjuruhan Sapudi di Universitas Kanjuruhan Malang, pada Rabu (25/10).

Dalam kesempatan bersama Dandim 0833 Kota Malang, Letkol (Inf) Nurul Yakin dan tokoh muda sekaligus Sekertaris DPD KNPI Kabupaten Malang Ahmad Faiz Wildan, pria yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi A ini menerangkan dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045, peran pemuda harus didorong dengan maksimal dan negara harus berperan dalam hal itu.

“Pemuda ini ibarat api, yang melawan akan terbakar dan yang bisa merangkul akan mampu mengendalikan dengan baik,” tuturnya.

Choeroel juga menerima dua pertanyaan dari perwakilan pemuda pada saat sesi diskusi. Politisi Partai Golkar itu ditanya kapasitasnya sebagai wakil rakyat yang sering mendapat keluhan tentang berbagai persoalan.

Menjawab pertanyaan itu, Choeroel menjawab jika dalam menghadapi permasalahan tersebut wakil rakyat harus bisa memberi arahan sekaligus jalan keluar. Dicontohkan pada saat menghadapi penggusuran Pedagang Kaki Lima (PKL), dewan kerap dihadapkan dilema, yakni antara penegakan aturan dan kondisi sosial masyarakat.

“Waktu itu saya memberikan saran kepada Pemkot untuk menyediakan lahan bagi PKL karena ini masalah perut. Namun, PKL juga saya beri masukan, jika sudah diberi lokasi harus pindah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Choeroel juga menyorot tentang perlindungan dan pengayoman kepada pemuda sebagaimana amanat UUD 1945. Ia menjelaskan, jika fenomena kenakalan remaja harus dipecahkan dengan baik oleh pemerintah beserta perangkatnya.

Baca Juga :   Search With respect to Computer Help

“Sistem harus diperbaiki dan negara harus tampil dalam masalah ini,” ungkapnya.

Sementara Sekertaris DPD KNPI Kabupaten Malang, Ahmad Faiz Wildan, membeberkan bagaimana peran pemuda dalam membangun daerah.

Menurutnya, kreasi dan inovasi pemuda saat ini dibutuhkan dalam membantu mendorong pembangunan di daerah ataupun dalam skala nasional.

“Pemuda ini adalah ujung tombak, karena itu harus bangkit dan bisa harapan serta masa depan bangsa Indonesia,” kata Faiz Wildan.

Leave a Reply