Ini Tema Perayaan Hari Pendidikan Nasional 2019 di Kota Malang

POLITIKA MALANG – Perayaan Hari Pendidikan Nasional 2019 di Kota Malang ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

Tahun ini pemerintah mengusung tema Hari Pendidikan Nasional 2019, “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Kepala Staf Kodim 0833/Kota Malang Mayor Arh Heru Sunyoto mewakili Dandim 0833 menghadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, bertindak selaku Inspektur Upacara Walikota Malang Drs. H. Sutiaji, di Halaman Depan Balaikota Malang Jl. Tugu No.1 Malang. Kamis (2/5/2019).

Dalam amanat Mendiknas yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Walikota Malang Drs. H. Sutiaji disampaikan bahwaTema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 adalah “Menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan”.

Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hatinya serta sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab serta Budi pekerti yang luhur.

Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan jiwa kewirausahaan.

Tentu semua itu butuh profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat maupun di tingkat daerah.

Dalam konteks ini, pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan sumberdaya manusia yang berkualitas, akan berjalan secara optimal manakaIa pemerintah daerah dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif dan Iebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan.

Baca Juga :   How Might Web based Cellular phone Advanced online casino As well as Port Recreation Affect Our Life?

Melalui momemtum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang sernakin kompetitif.Dihubungi secara terpisah Kasdim 0833/Kota Malang Mayor Arh Heru Sunyoto menyampaikan “Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, dengan pendidikan yang baik akan membuka pikiran dan pengetahuan yang baik karena pendidikan itu penting.

Teruslah bersemangat kobarkan semangat belajar dan memajukan kebudayaan Indonesia demi kemajuan bangsa dan negeri ini,” pesan Mayor Arh Heru Sunyoto.(*)

Pewarta : Djoko Winahyy

Leave a Reply