Jalan di Kawasan Perbatasan Banyak yang Rusak, Afdol: Pemkot Harus Pro Aktif

 

Refleksi Kota Malang 2017

PolitikaMalang – Jalan rusak dan berlubang masih menghantui beberapa titik di Kota Malang. Kondisinya bahkan makin parah pada beberapa lokasi yang terletak di perbatasan baik itu dengan wilayah Kabupaten Malang atau Kota Batu.

Selama tahun 2017 tercatat sudah banyak keluhan akan jalan rusak yang masuk wilayah perbatasan tersebut. Sehingga hal ini menjadi koreksi dari Komisi C DPRD Kota Malang terhadap kinerja Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Menanggapi itu, Anggota Komisi C, Afdol Fauza mengatakan, jalan rusak yang berada di kawasan perbatasan sudah kerap dibicarakan dalam rapat kerja bersama Dinas Pekerjaan Umum. Ada beberapa kendala, salah satunya yakni jalan yang ada di perbatasan itu rata-rata merupakan jalan yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi atau Pemerintah Pusat.

“Memang jalan di perbatasan itu adalah jalan provinsi atau jalan nasional sehingga APBD tidak bisa mengcover itu,” kata Afdol.

Akan tetapi, kata Afdol bukan berarti Pemkot Malang harus berdiam diri. Politisi Partai Hanura itu menegaskan jika harusnya eksekutif harus pro aktif mengajukan perbaikan jalan ke provinsi maupun pusat agar infrastruktur bisa dalam kondisi baik.

“Masyarakat tahunya jalan yang ada di Kota Malang adalah tanggung jawab Pemkot Malang. Kita sering bicarakan hal itu dan Komisi C selalu mendesak agar Pemkot pro aktif,” ujarnya.

Dikatakan pula, kondisi ini sudah pernah disampaikan langsung ke Wali Kota Malang, H. Moch Anton dan sudah ada tindaklanjut dengan memerintahkan jajarannya untuk segera pro aktif dalam hal ini.

“Mungkin anggaran belum turun dari provinsi atau pusat sehingga kita tunggu saja. Tapi Komisi C akan terus mendorong hal itu,” tandasnya.

Soal banyak jalan berlubang di wilayah Kota Malang, Afdol menegaskan jika Dinas PU selama ini sudah memperbaiki berbagai jalan berlubang. Namun, kondisi cuaca hujan menyebabkan jalan kembali rusak dan berlubang.

Baca Juga :   Walikota Malang: Sampaikan Aspirasi Dengan Cara Yang Baik

“Memang harus kita akui jika aspal itu kelemahannya ketika terkena air terutama kondisi hujan seperti ini. Tapi dewan akan terus komunikasi dengan Dinas PU agar segera memperbaiki jalan rusak itu,” ucap Afdol.

Leave a Reply