Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Konsumsi BBM Jenis Gasoline Meningkat 14%

PolitikaMalang – Menyambut Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Pertamina Marketing Operation Region V (MOR V) mempersiapkan langkah-langkah antisipatif dalam penyaluran BBM dan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara, Mei 2018.

Konsumsi normal harian BBM untuk wilayah Jawa Timur baik gasoline (premium + pertamax series) dan gasoil (solar/bio+ dex series) berada pada kisaran volume 18.286 KL. Menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Pertamina memprediksi terjadi peningkatan konsumsi sekitar 5% hingga 14% untuk produk BBM. Diprediksi, puncak peningkatan konsumsi BBM tersebut akan terjadi pada tanggal 9-10 Juni 2018.

Data konsumsi normal harian dan prediksi pada saat Ramadhan & Idul Fitri 1439 H dapat terlihat pada tabel berikut.

Produk BBM
Konsumsi Normal Harian
Prediksi Konsumsi Ramadhan & Idul Fitri 1439 H yakni

Premium
2.280 KL/Hari
2.599 KL/Hari

Pertalite
7.021 KL/Hari
8.004 KL/Hari

Pertamax
3.139 KL/Hari
3.578 KL/Hari

Pertamax Turbo
113 KL/Hari
130 KL/Hari

Solar
5.492 KL/Hari
5.217 KL/Hari

Dexlite
155 KL/Hari
176 KL/Hari

Pertamina Dex
80 KL/Hari
85 KL/Hari

Selain menyiapkan penambahan stok, Pertamina juga melakukan upaya lainnya seperti :
Pembentukan tim Satgas khusus yang bertugas memantau dan mengkondisikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG.

Tim Satgas ini akan beroperasi pada H-14 hingga H+7 Idul Fitri.
Penyediaan SPBU Kantong / mobile storage di 11 Titik SPBU di Jawa Timur penyediaan Kiosk Pertamax yang akan disediakan di 8 titik rest area di Jawa Timur menyiapkan motorist Bahan Bakar Khusus (BBK) di ruas tol dan non tol.

Penyaluran LPG di Wilayah Jawa Timur Sepanjang Bulan Ramadhan
Berbeda dengan BBM, prediksi rata-rata konsumsi bulanan LPG PSO (bersubsidi 3 kg) di wilayah Jawa Timur yaitu sebesar 94.679 Metric Ton (MT) / Bulan.

Pada saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Pertamina memprediksi adanya peningkatan konsumsi LPG 3 Kg sebesar 7% dari konsumsi normal bulanan atau meningkat menjadi 101.307 MT. Konsumsi LPG Non Subsidi (Bright Gas 5.5 kg, Bright Gas 12 Kg, dan LPG 12 kg) di Jawa Timur juga diprediksi mengalami peningkatan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri sebesar 9% (5.006 Metric Ton/bulan) dibandingkan dengan konsumsi normal bulanan yaitu sebesar 4.593 MT.

Selain peningkatan stok, upaya Pertamina dalam mengamankan pasokan LPG antara lain :
Melakukan built-up stock di tabung dan menjaga stok di storage agar selalu penuh. Begitu pula built-up stock di agen, pangkalan, dan outlet LPG.

Membentuk 237 Agen Siaga dan 2426 Pangkalan Siaga di wilayah Jawa Timur. Pengamanan pasokan LPG dengan menambah alokasi penyaluran channel distribution sampai dengan 109% dari konsumsi normal.

Penyaluran Bahan Bakar Pesawat (Avtur) Menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, penyaluran avtur juga diprediksi mengalami peningkatan. Konsumsi rata-rata normal harian untuk Jawa Timur sebesar 1196 KL dan diprediksi akan meningkat sekitar 9% menjadi 1315 KL. Kenaikan konsumsi tertinggi diprediksi pada H-5 dan H+3 saat puncak arus mudik dan arus balik Idul Fitri.

Adapun beberapa langkah antisipatif yang dilakukan oleh Pertamina MOR V dalam persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H antara lain yakni, emastikan kecukupan stok avtur selama bulan Puasa, Pengecekan sarfas dan stocking material yang dibutuhkan, memastikan kesiapan seluruh Bridger dan AMT
Menjaga availibility jumlah kendaraan hydrant dispense dan refueller sesuai dengan kebutuhan.

Program Ramadhan dan Idul Fitri 2018 setiap tahunnya dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri, Pertamina mengadakan berbagai program menarik antara lain :
Ta’jil Pertamax di SPBU di wilayah MOR V berupa pembagian takjil kepada konsumen SPBU pada saat berbuka puasa.

Serambi Pertamax di Rest Area Tol Kertosono-Ngawi km 626 B yaitu posko dengan fasilitas lengkap yang disediakan oleh Pertamax dari Pertamina kepada pemudik selama musim mudik lebaran untuk beristrirat sebelum melanjutkan perjalanan.

Leave a Reply