Kabar Baik, Pemkab Malang Pulangkan 4 Pasien Sembuh Covid-19

PolitikaMalang – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam upaya percepatan pencegahan pemberantasan dan penyebaran virus Corona atau Covid-19 terus dilakukan di wilayah Kabupaten Malang. Dalam perkembanganya, kabar baik pun muncul di tengah upaya tersebut menyusul empat orang pasien yang sebelumnya positif Corona dinyatakan sembuh oleh tim medis. Mereka meliputi tiga orang berdomisili di Kecamatan Dau dan satu orang sisanya berdomisili di Kecamatan Karangploso.

Keberhasilan ini dibenarkan oleh Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M di depan awak media usai mengikuti rapat koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri melalui Video Conference yang diikuti seluruh kota/kabupaten se Indonesia, di Peringgitan Kabupaten Malang, Selasa (7/4) siang. Beliau menyampaikan keberhasilan ini tidak lain adalah buah dari upaya bersama seluruh pihak karena terus saling mendukung percepatan pencegahan pemberantasan dan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Malang. Tak terkecuali, upaya bersama penghentian rantai berkembangnya virus tersebut di wilayah Kabupaten Malang.

”Betul tiga orang konfirmasi dalam kondisi sehat dan sudah menjalani masa karantina selama 14 hari. Sedangkan satu orang konfirmasi dalam kondisi sehat menyusul lepas dari masa karantina. Di tengah situasi penuh kewaspadaan akibat penyebaran Covid-19, kita patut bersyukur karena segenap komponen di Kabupaten Malang telah menunjukkan kerjasama dan rasa saling peduli mulai jajaran pemerintahan di setiap jenjang, segenap institusi negara, tenaga medis, pihak swasta, pengusaha, media dan jurnalisnya, serta seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali yang telah menunjukkan peran masing-masing sesuai kapasitasnya sehingga sampai saat ini penanganan pandemic Covid-19 di Kabupaten Malang dapat berjalan dengan baik,” terangnya.

Bupati juga memberikan apresiasi atas kepedulian para pengusaha dan pihak swasta serta pihak-pihak lainnya dalam bersama-sama bersinergi, gotong royong, bersatu menghadapi Covid-19. Hari ini kembali dilaksanakan Penyerahan Bantuan Masker dan Hand Sanitizer dari PT. BENTOEL, Face Shield dari IKA UNAIR dan ROTARY, Thermal Gun dari Budiono (Grand Kanjuruhan) ke Pemerintah Kabupaten Malang. Untuk itu atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Pak Sanusi pun menyampaikan terima kasih dan apresiasinya. Sebagai catatan, di Kabupaten Malang per 6 April 2020 telah dilaporkan 7 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 1 orang meninggal, 1 orang dirawat, 1 orang isolasi di rumah dan 4 orang dinyatakan sembuh dan dapat kembali ke keluarga.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

”Harapan saya kepada masyarakat, agar nantinya tidak memiliki stikma negative terhadap pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh ini. Upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19 masih belum selesai, kita tidak boleh lengah sedikitpun. Berbagai upaya telah dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Malang diantaranya, terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat, Provinsi dan terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Malang dan Kota Batu. Juga menyiapkan RSUD Kanjuruhan sebagai RS Rujukan penanganan pasien Covid-19 dengan meningkatkan daya tampung selain 6 kamar isolasi ditambah dengan 2 ruang isolasi dengan rincian 1 ruang berisi 10 tempat tidur dan 1 ruang berisi 8 tempat tidur. Melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Malang, Kecamatan dan Desa telah melakukan berbagai upaya untuk menangani penyebaran Covid-19 sesuai dengan kewenangannya dengan melakukan berbagai kegiatan seperti, Penyemprotan Desinfektan di ruang publik, Pembatasan kerumunan masyarakat, Physical Distancing di berbagai wilayah, himbauan dan edukasi kepada masyarakat,” pungkasnya. 

Leave a Reply