Kalahkan Petahana, Prof Nuhfil Jadi Rektor UB

POLITIKAMALANG – Rapat Pleno Senat UB Penetapan Calon Rektor UB periode 2018-2022 oleh anggota senat yang dilaksanakan secara tertutup di Gedung Widyaloka Universitas Brawijaya tanggal 23 Mei 2018 pukul 14.00 WIB hari ini hasilnya mengejutkan. Sang petahana Mohammad Bisri kalah 66 suara dengan kandidat lain Nuhfil Hanani.

Petahana Mohammad Bisri
memperoleh 93 suara, sementara Nuhfil Hanani memperoleh suara dominan sebanyak 159 suara. Sedangkan Osfar Sjofjan memperoleh 4 suara.

Para awak media tidak bisa secara langsung menyaksikan proses pemilihan. Namun bisa marasakan Suasana tegang di awal-awal penghitungan di lobby gedung Widyaloka tempat menyaksikan penghitungan suara melalui monitor televisi.

Dari hasil akhir penghitungan dari total 257 suara yang terdiri dari 167 suara Senat UB, 90 suara Menteri Riset Dikti dan 1 suara tidak sah.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Intan Ahmad yang hadir mewakili Menteri Ristek Dikti menjelaskan bahwa dengan terpilihnya Rektor Universitas Brawijaya yang baru tersebut diharapan akan jauh lebih baik ke depan.

“Saya terkesan dengan proses pemilihan di Universitas Brawijaya ini yang bisa berjalan dengan sangat baik. Pada sangat memperhatikan UB yang merupakan salah satu kampus dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia,” ungkap Intan Ahmad usai penutupan Pemilihan Rektor.

Hasil dari pemilihan hari ini, nama pemenang pemilihan (Nuhfil Hanani) akan dilaporkan Senat Universitas Brawijaya kepada Menteri Ristek Dikti, dimana tanggal 10 Juni 2018 merupakan batas akhir masa kepemimpinan M. Bisri sebagai Rektor Universitas Brawijaya.

Untuk di ketahui pada saat rapat pleno yang dilakukan senat tanggal 8 Maret 2018 lalu, dari 173 anggota senat, 12 orang berhalangan hadir sehingga anggota yang dapat memberikan suara sebanyak 161 orang. Pada pukul 11.30 WIB, Prof. Dr. Ir. Abdul Latief Abadi, MS. menutup pemungutan suara dan meghitung total kertas suara. Setelah itu, pukul 12.10 WIB penghitungan suara dimulai. Dari hasil perhitungan suara, Prof. Dr. Ir. MOHAMMAD BISRI, MS. memperoleh 77 suara, Prof. Dr. Ir. NUHFIL HANANI AR., MS. memperoleh 77 suara, Dr. Ir. OSFAR SJOFJAN, M.Sc. memperoleh 6 suara, dan Dr. TJAHJO SUPRAYOGO, M.Si. memperoleh 1 suara.

Baca Juga :   Sidak Pasar Bunul, Walikota Sutiaji Bagi-Bagi Masker

Dari hasil tersebut, 3 bakal calon rektor dengan perolehan suara tertinggi hari ini maju sebagai calon rektor yang kemudian berkas calon rektor tersebut akan dikirim ke Kemenristekdikti. (*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply