Kembangkan Pariwisata Desa, Bupati Malang Resmikan Wisata Mahoni Dempok

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M melaunching Wisata Mahoni Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Minggu (23/8) pagi. Destinasi wisata baru yang digagas Bumdes Maju Jaya dibawa komando Ketua Bumdes Maju Jaya H. Rofi’i Iswahyudi dan Kepala Desa, Hj. Illa Husna ini berkonsep riverside park di bantaran Sungai Brantas ini menyuguhkan dengan view alam yang begitu indah dan sejuk.

Bumdes dan Pemdes berusaha melahirkan destinasi wisata baru ini sebagai upaya perwujudan himbauan Presiden Joko Widodo terkait mencari aset desa yang bisa dikembangkan dengan syarat tanpa merusak lingkungan sekitarnya. Harapannya, Wisata Mahoni ini juga mampu meningkatkan derajat masyarakat Gampingan dan sekitarnya. Bumdes punya impian hasil dari pengelolaan tempat wisata ini mampu dimanfaatkan dan dibagi rata dalam bentuk santunan baik uang maupun sembako bagi warga. Bahkan, mereka juga mengagendakan hadiah umroh bagi masyarakat Gampingan.

Abah Sanusi, sapaan akrab Bupati mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Bumdes Maju Jaya dan Pemdes Gampingan dengan melahirkan Wisata Mahoni Dempok ini. Beliau juga berharap semua desa, kepala desa, pengusaha meniru Bundes Maju Jaya dan Kepala Desa sebagai langkah mewujudkan one village one destination, one village one product. Wisata Mahoni ini sudah dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas bagi para pengunjung. Diantaranya sejumlah permainan seperti sepeda air, flying fox, spot swa foto, play ground dan kamar mandi. Selain itu, keberadaan warung pujasera bagi pengunjung dengan menu olahan ikan bakar dan lain-lain.

”Awalnya hanya tanah gundukan namun kini menjadi tempat wisata dan tinggal tunggu waktu akan menjadi tujuan wisata yang mampu menghasilkan berkah bagi masyarakat Gampingan. Tinggal tanggung jawab para pengelola memberikan sarana dan fasilitas yang mampu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Semoga dapat memberikan manfaat positif dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar, serta dapat menambah pilihan obyek wisata baru yang ada di Kabupaten Malang,” jelas Bupati.

Baca Juga :   Kondisi Jalan Desa Memprihatinkan, Paslon LADUB Siapkan "Sade Jamu"

Abah Sanusi yang hadir bersama Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj. Anis Zaida serta didampingi Ketua DPRD Kabupaten Malang dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang menyebut, dengan di-launching-nya Wisata Mahoni, ini tentunya akan semakin menambah pilihan destinasi wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang. Bupati pun yakin, keunggulan dari Wisata Mahoni Dempok ini nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena selain dapat menikmati obyek wisata yang ada, wisatawan tidak perlu bingung mencari alternatif kuliner yang lain di luar kawasan karena disini juga telah dilengkapi dengan wisata kuliner khas dari desa setempat.

”Wisata Mahoni Dempok yang dikembangkan di wilayah Kecamatan Pagak ini nantinya dapat berkembang menjadi tempat wisata unggulan perlu diperhatikan tentang pola pengelolaan yang baik, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi ujung tombak operasional wisata. Hal ini penting, mengingat sebagaimana usaha pada umumnya, tantangan yang dihadapi ke depan akan semakin meningkat. Coba diagendakan untuk menggelar Festival Dayung dan diadakan disini. Sepertinya sangat layak sebagai venue bekerja sama dengan Jasa Tirta. Apakah juga boleh perairan bantaran sungai dan Waduk Sengguruh ini bisa digunakan untuk sirkuit jet ski. Jika bisa menggelar Festival Dayung, Jetski dan Lomba Jala Ikan tingkat internasional pasti tempat wisata ini akan langsung mendunia,” jelas Abah Sanusi. 

Leave a Reply